Bebaskan Pengetahuan 2014

Bebaskan Pengetahuan 2014

Dari Wikimedia Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

EnglishBahasa Indonesia


Bebaskan Pengetahuan 2014
Bebaskan Pengetahuan 2014

Bebaskan Pengetahuan 2014 adalah ajang kompetisi menulis artikel-artikel ensiklopedia di situs Wikipedia Bahasa Indonesia. Kompetisi ini dilakukan karena artikel-artikel di Wikipedia ditulis oleh sukarelawan, karena sukarela jumlah kontributor Wikipedia bahasa Indonesia sangat sedikit dan banyak topik penting ala ensiklopedia belum tersedia bagi pencari informasi.

Seperti kompetisi sebelumnya jumlah peserta dibatasi sebanyak 90 peserta yang berasal dari universitas-universitas di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta berumur 18-25 tahun yang diajak serta. Ketahanan peserta akan diuji selama 3 bulan (1 April 2014 - 27 Juni 2014). Satu pemenang akan diterbangkan untuk menghadiri konferensi internasional Wikimania 2014 di London, Inggris.

Daftar isi

Status Penggalangan Dana

Dana yang dibutuhkan untuk Proyek Bebaskan Pengetahuan 2014: Rp. 250 juta rupiah
Status Dana hingga Bulan Maret 2014 adalah 150.000.000
Wikimedia Indonesia membutuhkan bantuan dana untuk mencerdaskan bangsa dengan membebaskan pengetahuan dan pembiayaan perjalanan ke London, Inggris sebagai hadiah utama.
Ikut Menyumbang »


Didukung oleh

Mitra Media

Kompetisi Menulis

Pemenang akan menghadiri konferensi internasional Wikimania 2014 di London, Inggris
Pemenang akan menghadiri konferensi internasional Wikimania 2014 di London, Inggris

Kompetisi Menulis di Wikipedia ini digagas oleh Wikimedia Indonesia dan dirancang sebagai acara terintegrasi berupa pelatihan, uji ketahanan, upaya pengkayaan artikel berkualitas berbahasa Indonesia dalam ranah internet, dan perayaan atas semangat sukarelawan membebaskan pengetahuan.

Kompetisi yang berlangsung selama 3 bulan ini dirancang sebagai sarana pelatihan yang akan memacu penulis-penulis pemula dalam mengumpulkan dan menuliskan data secara ilmiah tentang berbagai bidang ilmu dan ketertarikan mereka dalam bahasa Indonesia–dengan gaya ensiklopedis.

Pemenang akan menghadiri Wikimania 2014 di London, Inggris - Karya dan aktivitas para kompetitor kemudian akan dinilai oleh para juri yang terdiri dari penulis sukarelawan Wikipedia Bahasa Indonesia senior. Kompetisi dimulai dengan pelatihan menulis dan ditutup dengan acara penganugrahan hadiah kepada pemenang. Beasiswa perjalanan mengikuti konferensi internasional Wikimania 2014 di London, Inggris. Wikimania adalah sebuah konferensi internasional untuk membahas kolaborasi pengembangan pengetahuan bebas baik dari sisi teknologi, gaya hidup, dan perluasan jaringan pribadi akan akses pada tokoh-tokoh dari seluruh dunia dengan misi yang sama.

Manfaat bagi peserta - Walaupun secara kasat mata hanya satu pemenang yang mendapatkan hadiah bergengsi, pada perjalanannya seluruh peserta selama pertandingan akan mendapatkan hal-hal berikut seperti; (1) pelajaran berkolaborasi menggunakan perangkat wiki; (2) melatih intuisi dalam menggunakan istilah bahasa Indonesia pada artikel ensiklopedis dengan tantangan istilah-istilah sulit yang secara popular lebih terkenal dalam istilah bahasa Inggris; (3) mendapatkan pengakuan atas kegigihan mereka dalam berkontribusi melalui surat referensi dari Wikimedia Indonesia dan Wikimedia Foundation (U.S.) yang dapat digunakan sebagai pengakuan atas kontribusi mereka di masa depan.

Sinopsis Proyek

Bebaskan Pengetahuan 2014
Bebaskan Pengetahuan 2014

Penambahan artikel berkualitas - Wikipedia bahasa Indonesia memiliki lebih dari 200 ribu artikel pada bulan Juni 2013 dengan hanya dengan 50 kontributor sangat aktif. Dengan penambahan pengguna berbakat melalui diadakannya kompetisi, maka secara otomatis akan terjadi penambahan artikel-artikel berkualitas. Jumlah peserta 100 orang memiliki dampak kenaikan pada jumlah penulis sangat aktif wikipedia. Artikel-artikel pengetahuan dalam bahasa Indonesia ini sangat dinanti bagi pencari informasi di ranah internet Indonesia yang selama ini hanya dikenal dengan situs berita, blog, jejaring sosial, dan media untuk mencari uang.

Saat penulisan artikel dilakukan dengan benar, artikel di Wikipedia akan menyediakan referensi akurat, tata bahasa yang netral, informatif, dan menjadikan penjelajahan di internet lebih berharga karena tersedianya informasi yang ilmiah.

Pengguna aktif baru - Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mencari pengguna-pengguna aktif baru dan memperkenalkan tatacara penggunaan perangkat lunak wiki dan keahlian dalam mematuhi aturan-aturan menulis untuk wikipedia yang ketat. Selama ini, aturan-aturan ini membuat wikipedia hanya mampu untuk dinikmati oleh beberapa pengguna yang otodidak dan tidak bersahabat untuk pemula.

Pendekatan-pendekatan tatap muka akan dilakukan melalui pengajar terkait pada universitas-universitas yang ditetapkan sebelumnya. Kompetisi akan dimulai pada bulan April 2014.

Menulis demi pengetahuan - Panitia telah merancang sebuah kompetisi berjenjang selama 3 bulan, di mana tingkat tantangan akan semakin sulit bagi para peserta. Pada akhirnya pemenang sebenarnya dari kompetisi menulis ini adalah menemukan sukarelawan sejati yang menyadari bahwa hasratnya untuk berkompetisi bukan semata-mata tiket yang dijanjikan sebagai hadiah, namun kesadaran bahwa menulis adalah bakatnya, bagian dari hidupnya, dan pengetahuan adalah berkah untuk semua orang yang menjadi lebih berharga saat dibebaskan.

Peserta



Panitia

Jadwal Acara


Jadwal Acara Bebaskan Pengetahuan 2014
(berubah secara berkala)
Tanggal Kegiatan Tempat
Januari 2014 Promosi Kompetisi di universitas-universitas Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta
25 Maret 2014 Konferensi pers peluncuran kompetisi Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra), Jakarta Pusat
29 Maret 2014 Pelatihan peserta kompetisi di Yogyakarta Fakultas Pertanian, UGM
31 Maret 2014 Pelatihan peserta kompetisi di Bandung Universitas Padjajaran, Jatinangor
1 April 2014 Kompetisi dimulai Daring (online)
1 April - 25 April 2014 Kompetisi Putaran I Daring (online)
28 April 2014 Publikasi nilai putaran pertama Daring (online)
April 2014 Pelatihan peserta kedua Jakarta
26 April - 15 Mei 2014 Kompetisi Putaran II Daring (online)
18 Mei 2014 Publikasi nilai putaran kedua Daring (online)
20 Mei 2014 Konferensi Pers Kebangkitan Nasional Penganugrahan lima pemenang Jakarta
16 Mei - 27 Juni 2014 Kompetisi Putaran ketiga Daring (online)
1 Juli 2014 Publikasi nilai putaran ketiga dan pengumuman pemenang Daring (online)
3 Juli 2014 Konferensi pers Pemenang Jakarta
8-10 Agustus 2014 Konferensi Internasional Wikimania 2014 London, Inggris