Kontes Adaptasi Karya: Kita Berkarya, Kita Merdeka

Deskripsi Lomba

Kontes Adaptasi Karya: Kita Berkarya, Kita Merdeka merupakan kegiatan kolaboratif antara Creative Commons Indonesia dan Gimpscape Indonesia. Luaran dari kontes ini adalah poster infografis berisi materi sosialisasi tentang panduan menggunakan karya yang berlisensi Creative Commons. Kontes ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sama sekali. 

 

Ketentuan

Berikut merupakan beberapa ketentuan kontes yang harus dipatuhi oleh para peserta:

  • Karya yang dikirim harus dilisensikan dengan lisensi CC BY (Atribusi) 4.0 Internasional,  Unduh piktogram lisensi CC BY (atribusi) 4.0 di sini 
  • Materi kontes berlisensi CC BY 4.0 jadi peserta diwajibkan memberikan atribusi dengan format sebagai berikut: 

 

Infografis oleh <nama peserta> berdasarkan “Menggunakan Karya Berlisensi Creative Commons” oleh Harsa W.R, CC BY 4.0 Internasional. (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/deed.id).

  • Karya yang dibuat merupakan karya hasil buatan sendiri bukan dibuat oleh orang lain.
  • Karya yang dikirim harus menggunakan format PNG dan berkas asli dalam format dokumen terbuka (SVG, XCF, atau KRA).
  • Karya yang dikirim dapat diaplikasikan untuk publikasi di berbagai media sosial (diperkenan untuk membuat semacam salindia untuk Instagram feed).
  • Karya yang dikirim tidak boleh menyinggung hal-hal terkait isu SARA dan pornografi.
  • Tidak diperkenankan untuk menyisipkan karya orang lain (berupa foto, ilustrasi, atau gambar) yang tidak menggunakan lisensi terbuka.
  • Konten dibuat dengan menggunakan menggunakan palet warna yang telah disediakan oleh penyelenggara dan fonta Source Sans Pro. Palet warna dapat diunduh pada tautan berikut ini.
  • Tiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya.
  • Kontes ini bersifat individu, bukan kelompok atau grup.
  • Panitia berhak untuk mendiskualifikasi karya yang tidak memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah disebutkan di atas dengan atau tanpa pemberitahuan apapun kepada peserta terkait.

 

Sumber Materi

Para peserta dapat menggunakan konten materi yang telah disediakan oleh panitia. Materi dapat diubah dan disesuaikan selama tidak mengurangi esensi dari pesan yang seharusnya disampaikan. Silakan unduh konten materi melalui tautan berikut ini.

 

Pengiriman Karya

Kirim karya terbaikmu ke surel gimpscape.id@gmail.com dengan subjek “KONTES CCID” (kapital di tiap huruf). Harap untuk menyertakan identitas diri yang mencakup: nama, alamat lengkap, nomor hp pada badan surel. Surel yang dikirim tanpa keterangan identitas tidak akan diperhitungkan sebagai peserta. 

Selain itu, peserta diwajibkan untuk mengunggah karyanya di Instagram dengan menggunakan tagar #AkuPakaiCC #gimpscape #CCID serta me-mention akun instagram @cc.indonesia dan @gimpscape_id.

 

Tenggat Pengiriman, Penjurian dan Pengumuman

Kontes akan mulai dibuka pada tanggal 10 Juli 2019 dan ditutup pada tanggal 10 Agustus 2019 pada pukul 22.00 WIB. Karya yang dikirimkan di luar waktu yang disebutkan akan gugur secara otomatis. Penjurian akan dilakukan segera setelah kontes ditutup. Juri dalam Kontes Adaptasi Karya: Kita Berkarya, Kita Merdeka

 ini adalah Joaquim Baeta (Network Member – Creative Commons Global Network) dan Nugroho Dwi Hartawan (Gimpscape Indonesia). Pemenang kontes akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2019 pada pukul 10.00 WIB melalui media-media sosial Creative Commons Indonesia dan Gimpscape Indonesia

 

Hadiah

Kami telah menyiapkan hadiah berupa pen tablet Wacom Bamboo untuk dua orang pemenang dan satu bingkisan spesial untuk karya favorit yang mendapat paling banyak Like dari warganet di Instagram. 

 

Lain-Lain

Tidak ada pengalihan hak cipta terhadap materi lomba antara pihak peserta ke pihak penyelenggara. Peserta tetap menjadi pemegang hak cipta eksklusif materi lomba dan memberikan izin penggunaan kepada siapa pun, di mana pun, dan kapan pun sesuai dengan lisensi CC yang diterapkan pada materi lomba.

Sebelumnya

Mengenal Minangkabau di awal era 1900-an melalui Digitalisasi Majalah PDIKM

Selain melalui buku, majalah juga bisa bercerita banyak tentang peristiwa pada sebuah masa. Salah...

Berikutnya

The 2019 Creative Commons Global Summit: Perjalanan Menemukan Ilmu Baru, Teman Baru, dan Diri yang Baru

Penulis: Siti Nurleily Marliana   Kesempatan untuk menghadiri The 2019 Creative Commons Global...