Dari Pemagang hingga menjadi Penerima Hibah Saraswati

Elis Fajariyati dan Agatha Vidya Nariswari adalah pemagang di Ruang Komunitas Wikimedia Yogyakarta pada tahun 2018. Mereka mengenal Wikipedia secara tidak sengaja ketika mengikuti magang tersebut dan akhirnya menulis di Wikipedia Jawa.

Saat ini, Elis adalah mahasiswa Linguistik di Universitas Gadjah Mada, sedangkan Agatha adalah mahasiswa Sastra Indonesia di universitas yang sama. Setelah periode magang selesai, mereka ternyata tetap aktif berkontribusi di Wikipedia Jawa. Selain itu, mereka juga menjadi pelatih di kegiatan WikiLatih, sebuah program pendidikan yang fokus untuk memberikan pelatihan menulis di Wikipedia.

Mereka mendaftar hibah Saraswati karena tertarik mendapatkan laptop dan menggunakan laptop tersebut untuk berkontribusi di Wikipedia. Artikel yang mereka tulis untuk Saraswati biasanya mengenai tokoh, tumbuh-tumbuhan, kendaraan, dan topik lain yang sumbernya mudah didapatkan.

Salah satu kesulitan saat menulis di Wikipedia Jawa adalah memasukan kotak info. Kotak info harus dicari dahulu di Wikipedia bahasa Inggris. Setelah itu, templat kotak info dibuat di Wikipedia Jawa dan dimasukkan ke artikel.

Elis dan Agatha merasa tertantang untuk menulis artikel Saraswati karena dituntut untuk menulis hal-hal di luar bidangnya. Mereka harus membaca dengan detail sumber-sumber yang digunakan untuk menulis karena bukan bidang yang biasa dipelajari. Meskipun begitu, menulis tetap dirasa menyenangkan karena bisa mendapatkan pengetahuan baru.


Keterangan gambar: Elis Fajariyati (atas) dan Agatha Vidya Nariswari (bawah) ketika menghadiri WikiNusantara 2019 di Yogyakarta. Foto oleh Gunarta dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.