Undang-Undang Keamanan Nasional Baru di Hong Kong berpotensi membatasi privasi pengguna Wikipedia

Undang-undang keamanan nasional yang baru-baru ini disahkan Tiongkok untuk dijalankan di Hong Kong menjadi perhatian Yayasan Wikimedia. Pasalnya, undang-undang ini berpotensi membatasi berbagai bentuk kebebasan berpendapat dan memberi ruang yang begitu lebar bagi otoritas untuk melakukan pengawasan berskala besar. Undang-undang ini dapat berdampak serius bagi perlindungan data pribadi pengguna-pengguna Wikipedia dan proyek-proyek saudarinya yang dioperasikan oleh Wikimedia karena berpotensi membuka jalan bagi otoritas untuk meminta data pribadi pengguna.

 

Kebebasan pribadi atau privasi penting guna menjaga keberlangsungan kebebasan berpendapat dan berserikat sehingga memungkinkan pengetahuan dan gagasan menjadi berkembang. Wikimedia berjuang melindungi dan menjaga nilai-nilai tersebut demi orang-orang yang menyumbangkan waktu, tenaga, dan pengetahuannya untuk proyek-proyek Wikimedia. Oleh karena itu, Wikimedia berdedikasi melindungi kebebasan pribadi para pembaca dan penyunting sehingga mereka dapat menyumbangkan pengetahuan yang jernih, berdasarkan fakta, dan tidak disensor ke platform yang Wikimedia sediakan.

 

Sebagaimana tertuang dalam kebijakannya, Wikimedia memiliki standar hukum dan etis yang ketat berlandaskan hak asasi manusia guna merespons permintaan data pengguna. Wikimedia hanya akan membuka informasi nonpublik milik pengguna apabila diyakini adanya ancaman yang mungkin timbul bagi nyawa seseorang sehingga informasi tersebut dapat membantu menanggulanginya, atau apabila diminta mematuhi undang-undang yang berlaku di Amerika Serikat. Permintaan membuka informasi nonpublik milik pengguna oleh pemerintah Hong Kong tidak akan ditindaklanjuti oleh Wikimedia tanpa adanya validitas hukum. Hal ini tentu melalui analisis mendalam terhadap undang-undang baru ini juga undang-undang yang berlaku serta standar-standar hak asasi manusia, dan hak-hak anggota komunitas Wikimedia.

 

Dalam menangani permintaan berbagai otoritas pemerintahan agar membuka informasi nonpublik milik pengguna, Wikimedia berpegang pada satu prinsip, yaitu menjamin keamanan seseorang di mana pun agar dapat menyumbangkan pengetahuannya kepada dunia tanpa rasa takut. Laporan transparansi Wikimedia yang dirilis dua kali setahun menunjukkan Wikimedia tidak mengabulkan sebagian besar permintaan membuka informasi nonpublik milik pengguna.

 

Ilmu pengetahuan yang terdapat dalam Wikipedia dan proyek-proyek saudarinya merupakan karya ribuan penyunting sukarela di seluruh dunia. Setiap hari, sukarelawan berdiskusi, berdebat, memperbaiki, menyunting, dan memulihkan suntingan dalam upayanya memastikan informasi yang disajikan dapat dipercaya dan mutakhir. Oleh karena itu, melindungi kebebasan pribadi para penyunting tersebut penting dan menjadi keharusan untuk memastikan orang di berbagai belahan dunia merasa berdaya dalam menambahkan, mengubah, dan memperbaiki suntingan mereka terhadap ilmu pengetahuan.

 

Anggota komunitas Wikimedia menyunting dan mengatur Wikipedia dan proyek-proyek saudarinya atas dasar rasa kedermawanan dan niat pribadi mereka. Proyek-proyek Wikimedia sepenuhnya merupakan upaya kolaboratif atau kerja sama dan tidak seorang pun berhak memberi putusan final atas informasi di Wikipedia dan proyek-proyek saudarinya. Wikimedia tidak mendikte dan mengarahkan kata-kata mereka; mereka bukanlah agen atau perwakilan dari Wikimedia; dan sebaliknya mereka pun tidak bertanggung jawab atas pernyataan ini atau kebijakan Wikimedia tentang permohonan atas informasi nonpublik milik pengguna.

 

Wikimedia sangat bergantung pada para sukarelawan guna menyediakan informasi yang akurat dan andal bagi dunia. Oleh karena itu, Wikimedia berdedikasi mendukung upaya mereka dan melindungi mereka dalam berkontribusi dengan menyediakan ruang aman agar pembaca memperoleh manfaat dari informasi yang para sukarelawan kumpulkan.

 

Keterangan foto: hongkong by RalfR Panorama2 oleh Ralf Roletschek, dilisensikan dengan CC BY 3.0 Unported.


Oleh: Tim Komunikasi Wikimedia Indonesia

Artikel diterjemahkan dari: https://wikimediafoundation.org/news/2020/07/15/new-chinese-national-security-law-in-hong-kong/

Sebelumnya

Dari Pemagang hingga menjadi Penerima Hibah Saraswati

Elis Fajariyati dan Agatha Vidya Nariswari adalah pemagang di Ruang Komunitas Wikimedia Yogyakarta...

Berikutnya

Kabar Terbaru tentang Pertemuan Tatap Muka

Bila di masa lalu kita mampu memprediksi apa yang akan terjadi pada tahun ini, Wikimediawan di...