Kabar Terbaru tentang Pertemuan Tatap Muka

Bila di masa lalu kita mampu memprediksi apa yang akan terjadi pada tahun ini, Wikimediawan di seluruh dunia mungkin akan dapat berkumpul dalam acara Wikimania Bangkok 2020 yang dijamu oleh rekan-rekan kita dari Wikimedia ESEAP. Saat ini kita mungkin sedang mempersiapkan presentasi-presentasi yang memukau, pertemuan-pertemuan, dan obrolan-obrolan dengan para Wikimediawan dari pelbagai proyek, bahasa, dan komunitas.

 

Saya merindukan saat-saat kebersamaan seperti itu dan merindukan berjumpa orang secara langsung. Meskipun kita lebih dikenal sebagai komunitas daring, acara-acara tatap muka selalu menjadi bagian dari gerakan Wikimedia. Oleh karena itulah kita bisa membangun kemitraan, persahabatan, dan keahlian yang mendukung proyek-proyek yang luar biasa ini selama bertahun-tahun.

 

Pada bulan Maret, saya meminta para penerima hibah untuk menunda atau membatalkan acara-acara tatap muka hingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pandemi COVID-19 telah usai. Hari ini, kita mungkin masih punya secercah harapan meskipun pandemi ini telah berlangsung selama enam bulan. Memasuki Agustus, pandemi COVID-19 masih ada di sekitar kita dan tampaknya akan menjadi bagian dari kehidupan kita hingga beberapa saat mendatang.

 

Panduan acara yang aman 

Saat kita semua menyesuaikan diri dengan realitas baru, kami di Yayasan Wikimedia menawarkan dukungan untuk pertemuan-pertemuan Wikimedia. Kami telah meningkatkan dukungan untuk acara-acara daring. Namun demikian, karena sebagian negara dan daerah mulai menawarkan panduan yang lebih fleksibel untuk mengadakan pertemuan tatap muka dan melakukan perjalanan, mungkin akan muncul minat komunitas untuk mengadakan kembali pertemuan tatap muka (dengan tindakan pencegahan yang tepat). Kami mencoba menanggapi minat tersebut dengan menyediakan peranti dan sumber daya yang akan membantu komunitas menilai pilihannya, termasuk apakah komunitas dapat menyelenggarakan acara Wikimedia tatap muka secara lebih aman.  

 

Kami sedang mengembangkan peranti untuk mendukung proses pengambilan keputusan komunitas, termasuk penghitung penilaian risiko yang akan membantu komunitas menilai keadaan komunitasnya sendiri. Peranti tersebut juga akan berisi panduan mengenai waktu yang tidak diperbolehkan untuk menyelenggarakan acara. Peranti tersebut dikembangkan agar bisa digunakan secara leluasa oleh seluruh anggota komunitas, tanpa melihat batas negara dan seberapapun besarnya acara.

 

Kami juga menciptakan daftar periksa (checklist) untuk pencegahan, termasuk berbagai kiat dan saran untuk menyiapkan, mengevaluasi dan melaksanakan berbagai acara. Pada akhirnya, kami juga membuat daftar jenis-jenis acara yang disarankan seperti tur jalan kaki, berburu foto, piknik komunitas, yang semuanya dapat memenuhi syarat pertemuan tatap muka yang aman. 

 

Saran dari Anda 

Menjalani hidup di kondisi pandemi sebesar ini merupakan hal baru bagi kita semua. Hal terbaik untuk melewati perubahan ini adalah dengan dukungan komunitas. Dalam semangat itu, tim acara akan mulai menghubungi organisasi mitra (affiliate) dan calon-calon penerima hibah guna meminta saran dan masukan mereka terkait sumber daya yang kami usulkan. Kami memohon bantuan komunitas guna menemukan bentuk yang pas bagi peranti-peranti tersebut agar berguna bagi komunitas global yang beragam dengan berbagai konteks yang dikerjakan dalam gerakan kita.

 

Saya berharap dapat menginformasikan lebih banyak hal terkait peranti-peranti ini sekaligus informasi tentang dukungan acara dan hibah pada akhir Agustus nanti. Semoga semua senantiasa dalam keadaan sehat dan dapat berjumpa kembali pada masa mendatang.

 

Katherine Maher

Direktur Eksekutif

Yayasan Wikimedia (Wikimedia Foundation)

 

Keterangan foto: Wikimania 2019 Group Photo oleh Patricia Costillo dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.


Oleh: Tim Komunikasi Wikimedia Indonesia

Sebelumnya

Undang-Undang Keamanan Nasional Baru di Hong Kong berpotensi membatasi privasi pengguna Wikipedia

Undang-undang keamanan nasional yang baru-baru ini disahkan Tiongkok untuk dijalankan di Hong Kong...

Berikutnya

Giat Komunitas Wikimedia Bandung dalam Melestarikan Bahasa dan Budaya Sunda

Komunitas Wikimedia Bandung merupakan komunitas daerah yang berafiliasi dengan Wikimedia Indonesia...