Modul Wikipedia untuk Awam: Menjawab Kesalahpahaman tentang Wikipedia

Walau Wikipedia telah dikenal sebagai ensiklopedia bebas terbesar di dunia dan berada di peringkat ke-12 untuk situs-situs web yang sering dikunjungi berdasarkan Alexa, banyak orang Indonesia masih belum memahami cara kerja Wikipedia. Kesalahpahaman mengenai Wikipedia pun muncul dan beredar luas di masyarakat.

 

Di Indonesia banyak orang menggunakan Wikipedia sebagai referensi pada tugas sekolah atau kuliah dan bahkan pada buku pelajaran. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman mengenai cara kerja Wikipedia dan bagaimana cara menggunakan informasi yang ada di Wikipedia secara bijak.

 

Contoh tersebut merupakan sebagian kecil dari berbagai kejadian unik yang disebabkan kurangnya pemahaman tentang Wikipedia. Masih ada berbagai pertanyaan dari masyarakat mengenai Wikipedia, baik di media sosial, selama kegiatan WikiLatih, atau dalam percakapan sehari hari, seperti, “Apakah Wikipedia semacam media sosial?”, “Apakah saya boleh menggunakan Wikipedia sebagai rujukan?”, “Bagaimana cara menggunakan Wikipedia sebagai sumber informasi secara benar?”, “Siapa yang menulis di Wikipedia?”, “Bagaimana Wikipedia berjalan jika gratis dan tidak memungut uang?”. 

 

Sebagai organisasi yang mendukung pengembangan Wikipedia di Indonesia, Wikimedia Indonesia perlu menangani masalah tersebut sebelum salah kaprah mengenai Wikipedia semakin tersebar. Maka dari itu, Tim Pendidikan Wikimedia Indonesia mengumpulkan berbagai pertanyaan tersebut dan menjawabnya pada buku berjudul JANGAN NGUTIP DARI WIKIPEDIA! Panduan buat kamu yang ingin tahu tentang ensiklopedi terbesar di dunia maya. Buku ini berusaha menjawab segala pertanyaan dan juga salah kaprah mengenai Wikipedia yang jamak terjadi di Indonesia. Wikimedia Indonesia berharap buku ini dapat memberikan pemahaman dasar mengenai Wikipedia untuk mereka yang ingin lebih tahu tentang Wikipedia. 

 

Ada dua versi buku. Versi pertama adalah versi umum yang ditujukan bagi masyarakat umum. Versi umum ditulis dengan gaya bahasa yang santai sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya. Versi kedua adalah versi widyaiswara (edukator) yang ditujukan bagi para pendidik dan ditulis dengan gaya bahasa yang formal. Versi widyaiswara akan diterjemahkan ke tiga bahasa daerah dengan melibatkan sukarelawan. 

 

Kami juga memilih 5 pertanyaan yang paling sering ditanyakan dari buku versi umum dan menjawabnya melalui video singkat.


Versi asli artikel ini dapat diakses di sini. Ditulis oleh Nur Rahmi Nailah & diterjemahkan oleh Dimas Hardijanto dari Tim Pendidikan Wikimedia Indonesia.

Sebelumnya

Pembelajaran Berbasis Budaya, Efektifkah?

Pada hari Jumat, tanggal 11 September 2020 yang lalu, Wikimedia Indonesia diundang oleh Zenius...

Berikutnya

WikiCite: Inisiatif untuk Mengembangkan Pengetahuan Terbuka

Di bulan Oktober 2020, Wikimedia Foundation mengumumkan penerima hibah WikiCite, sebuah inisiatif...