Berdonasi melalui WikiSosial

Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak bagi kesehatan, tetapi juga bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Dampak pandemi ini sangat dirasakan khususnya oleh para perempuan yang berasal dari kelompok rentan, seperti perempuan pekerja rumah tangga dan pekerja informal lainnya. Tidak hanya itu, angka kekerasan dalam rumah tangga terhadap perempuan juga meningkat selama masa pandemi. 

 

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelompok rentan tersebut, pada bulan Juli 2020 lalu Wikimedia Indonesia menggandeng Perkumpulan Lintas Feminis Jakarta menginisiasi program WikiSosial. WikiSosial adalah edit-a-thon daring atau maraton menyunting artikel dengan tema biografi tokoh perempuan di Wikipedia bahasa Indonesia. Setiap artikel yang dibuat oleh peserta akan dikonversikan menjadi donasi senilai Rp50.000. Dalam maraton ini, para peserta yang juga merupakan para sukarelawan Wikipedia berkesempatan menulis artikel sebanyak-banyaknya. Hingga akhir periode, panitia menerima 284 artikel yang kemudian dikonversi menjadi donasi sebesar Rp14.200.000.

 

Meskipun WikiSosial bertema biografi tokoh perempuan, siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan boleh ikut serta. Dari 30 peserta yang berpartisipasi, jumlah laki-laki dan perempuan cukup imbang. Dari jumlah peserta tersebut, tiga peserta dengan jumlah artikel terbanyak akhirnya ditetapkan, yaitu Sunday Tonics (41 artikel), JumadilM (36 artikel) dan Noval Kurniadi (23 artikel).

 

Donasi yang terkumpul tersebut telah diserahkan oleh Wikimedia Indonesia kepada Perkumpulan Lintas Feminis Jakarta yang kemudian sebagian dihibahkan kepada LBH APIK Jakarta dan Pundi Perempuan dan sebagian lagi disimpan untuk bantuan darurat bagi korban kekerasan. Panitia WikiSosial berharap program ini bisa berlanjut pada masa mendatang. Semangat sosial dan membantu sesama terbukti bisa berupa sumbangan artikel yang dikonversikan menjadi donasi.

 

Keterangan foto: Logo WikiSosial oleh Pinerineks dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.


Oleh: Hardiansyah, panitia WikiSosial

Sebelumnya

WikiSanganan: Langkah Kecil Pengenalan Jajanan Tradisional Khas Pulau Dewata

Bali tidak hanya kaya akan budaya dan keindahan panoramanya, tetapi juga kaya dengan jajanan...

Berikutnya

Pencapaian Satu Warsa Komunitas Wikimedia Denpasar

Tanggal 14 Oktober 2020 merupakan hari peringatan satu tahun lahirnya Wikipedia Bali sekaligus...