Penyuntingan Berbayar (Paid Editing)

Lahir dari semangat volunterisme, gerakan Wikimedia tidak lepas dari permasalahan penyuntingan berbayar. Apakah penyuntingan berbayar itu? Mengapa hal tersebut tidak dianjurkan? Apakah sudah ada solusinya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari simak tulisan berikut ini.

 

Penyuntingan berbayar atau kontribusi berbayar adalah bentuk penyuntingan atau kontribusi di Wikipedia dan/atau proyek-proyek Wikimedia yang lain oleh suatu pihak untuk mendapatkan uang atau imbalan. Misalnya, sebuah perusahaan menggaji stafnya untuk menyunting artikel Wikipedia tentang perusahaan tersebut atau seorang menerima bayaran untuk menyunting artikel Wikipedia tentang si pembayar. Beberapa program Wikimedia, khususnya yang berkaitan dengan GLAM, tidak lepas dari penyuntingan berbayar.

 

Penyuntingan berbayar tidak dilarang, tetapi tidak dianjurkan karena dianggap dapat mengurangi kepercayaan pembaca proyek-proyek Wikimedia. Belum ada solusi untuk masalah ini. Namun, transparansi dalam bentuk pengungkapan sejauh ini dianggap hal penting untuk ditegakkan.

 

Pengungkapan

Penyunting yang dibayar untuk menyunting wajib mengungkapkan di halaman penggunanya sendiri, halaman pembicaraan artikel, ringkasan suntingan, atau di tempat lain yang disepakati komunitas Wikimedia dan dapat diketahui publik (transparan) bahwa penyuntingan yang ia lakukan adalah berbayar.

 

Hal yang harus dilakukan oleh penyunting apabila penyuntingannya berbayar adalah mengungkapkan (1) siapa yang membayarnya (baik itu pemberi kerja atau kliennya) dan (2) keterkaitannya atau afiliasinya dengan apa yang disuntingnya (baik itu menambahkan atau mengurangi informasi di halaman tertentu).

 

Kelayakan

Sebagaimana penyuntingan pada umumnya, penyuntingan berbayar wajib tunduk pada aturan di proyek-proyek Wikimedia seperti Pancapilar dan aturan Kelayakan artikel di Wikipedia bahasa Indonesia. Suntingan berbayar diperlakukan sama dengan suntingan tidak berbayar pada umumnya. Apabila dianggap tidak layak, suntingan berbayar dapat dihapus sewaktu-waktu.

 

Sanksi

Penyunting yang terdeteksi melakukan penyuntingan berbayar, tetapi tidak melakukan pengungkapkan dapat terkena sanksi dari komunitas, seperti pemblokiran selamanya.

 

Di Wikipedia bahasa Indonesia, penyunting dapat diinvestigasi oleh komunitas apabila terdeteksi melakukan penyuntingan berbayar.

 

Bacaan

 

Keterangan foto: Money oleh kschneider2991


Oleh: Tim Komunikasi Wikimedia Indonesia

Sebelumnya

WikiSejarah: “Membongkar” Arsip Lama untuk Pengembangan Konten

Wikimedia Indonesia telah merampungkan rangkaian kegiatan WikiSejarah. WikiSejarah adalah kegiatan...

Berikutnya

Melahirkan Wikipedia Madura

Tanggal 15 Desember 2020 ditandai dengan lahirnya Wikipedia Madura. Hal ini tentu menggembirakan....