Stephen Suleeman: Pendeta yang Membebaskan Pengetahuan

Pada tahun-tahun awal berdirinya Wikipedia bahasa Indonesia, beberapa nama akun kontributor sering berseliweran meramaikan halaman Perubahan Terbaru. Saking seringnya muncul, nama-nama akun tersebut terasa familier bagi sebagian besar kontributor yang aktif saat itu. Salah satu akun yang acap muncul bernama Stephensuleeman yang tampak giat menyunting artikel-artikel bertopik teologi dan kekristenan.

Tanggal 2 Oktober 2005 pagi menjadi tanggal pertama kalinya akun Stephensuleeman hadir di Wikipedia bahasa Indonesia. Pada hari pertamanya, akun tersebut tampak memperbaiki kesalahan ejaan pada artikel “Bahasa Angkola-Mandailing”. Pada hari itu juga, ia tampak membuat artikelnya yang pertama berjudul “Karunia-karunia Roh Kudus” yang berukuran 540 bita. Meski termasuk pendek, artikel tersebut hingga kini telah dikembangkan oleh banyak sukarelawan lain dan mencapai lebih dari 8.500 bita.

Sejak hari pertamanya tersebut, akun Stephensuleeman ajek menyunting artikel-artikel bertopik teologi dan kekristenan. Beberapa artikel yang dibuatnya seperti “Perjamuan Kudus”, “Gereja Baptis”, “Messiah”, “Kristus”, “Tembok Ratapan”, “Galilea”, “Salomo”, dan “Bangsa Filistin” masih dapat dibaca di Wikipedia bahasa Indonesia sampai saat ini. Seluruh artikel yang telah dibuatnya berjumlah 1.248 buah.

Pada 24 Februari 2006, Stephensuleeman diangkat sebagai pengurus Wikipedia bahasa Indonesia. Jabatan tersebut disandangnya selama hampir 14 tahun, hingga 30 Januari 2020. Ia juga menjadi salah satu dari 19 orang yang mendirikan Perkumpulan Wikimedia Indonesia pada 2008. Pada 2011-2012, ia dipercaya sebagai Wakil Ketua Dewan Pengawas dari perkumpulan ini. Sebagai salah satu sosok yang berjasa bagi Wikipedia bahasa Indonesia, ia dianugerahi oleh komunitas Status Kehormatan pada 2012.

Orang di balik akun Stephensuleeman memang adalah Bapak Stephen Suleeman sendiri yang merupakan pendeta Gereja Kristen Indonesia dan dosen di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta. Beliau kini telah berpulang. Di hari-hari akhirnya, beliau masih menyempatkan diri menyunting Wikipedia. Suntingan beliau pada artikel “J.H. Oldham” pada 9 Oktober 2021 menjadi saksi sebagai suntingan beliau yang terakhir untuk Wikipedia. Semoga kebaikan beliau dalam membebaskan pengetahuan menjadi teladan bagi kita sukarelawan Wikipedia yang ditinggalkan.


Keterangan gambar: Foto diambil dari melela.org