Wikistories: Berbagi Pengetahuan dengan cara Kekinian

Wikistories: Berbagi Pengetahuan dengan cara Kekinian

Tim Inuka dari Wikimedia Foundation telah meluncurkan fitur Wikistories di Wikipedia bahasa Indonesia pada tanggal 4 Juli 2022. Wikistories adalah fitur yang memungkinkan kontributor membuat konten singkat layaknya kiriman cerita (stories), dengan menggunakan artikel Wikipedia sebagai teks dan Wikimedia Commons sebagai gambarnya. Dengan adanya fitur ini, kontributor Wikipedia bisa berbagi pengetahuan dengan cara yang baru.

Latar belakang

Wikistories merupakan inisiatif dari Tim Inuka Wikimedia Foundation yang dimulai pada tahun 2021. Tim Inuka fokus mengembangkan peralatan untuk membantu kontributor proyek Wikimedia dalam membuat konten visual yang edukatif dan mudah dipahami khalayak. Tim Inuka memilih Wikimedia Indonesia sebagai mitra dalam pengembangan Wikistories. Sejak bulan September 2021, Wikimedia Indonesia berpartisipasi untuk memberikan masukan mengenai pengembangan fitur, penelitian dan uji coba peralatan, serta merencanakan kegiatan sosialisasi Wikistories ke komunitas Wikimedia di Indonesia.

Apa yang dapat Anda lakukan selanjutnya?

Berhubung Wikistories sudah aktif di Wikipedia bahasa Indonesia, kami meminta kesediaan Anda untuk mencobanya.

Cara mengaktifkan fitur Wikistories:

  • Masuk log (log in) akun Wikipedia Anda pada versi dekstop.
  • Pilih “Beta” yang ada di menu pengguna (letaknya di pojok kanan atas).
  • Aktifkan fitur Wikistories dengan mencentang kolom “Wikistories”. Lalu, klik “Simpan”.

Menggunakan Wikistories:

  • Kunjungi halaman Wikipedia versi mobile. Pastikan Anda sudah masuk log akun Wikipedia.
  • Pilih artikel Wikipedia favorit Anda.
  • Jika fitur Wikistories sudah diaktifkan, Anda akan melihat tombol untuk membuat kiriman cerita atau cerita yang sudah dibuat oleh kontributor lain.
  • Selamat mencoba!

Setelah mencoba, kami sangat mengharapkan masukan terhadap fitur ini. Silakan bagikan pengalaman Anda saat menggunakan Wikistories melalui halaman ini atau mengirimkan surel ke komunitas@wikimedia.or.id. Kami juga akan mengunjungi beberapa komunitas Wikimedia di Indonesia untuk mengenalkan fitur Wikistories dan menerima masukan dari kontributor setelah menggunakan Wikistories.

Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi Anda dalam membebaskan pengetahuan.