Piagam Gerakan: Berikan Masukan Anda pada Sesi Permohonan Pendapat

Piagam Gerakan: Berikan Masukan Anda pada Sesi Permohonan Pendapat

Komite Perumus Piagam Gerakan (Movement Charter Drafting Committee–MCDC) dengan senang hati mengumumkan dimulainya periode konsultasi komunitas untuk mengumpulkan masukan, pendapat, dan pikiran tentang bagian-bagian dari Piagam Gerakan. 

Pada Wikimedia Summit 2022, MCDC mempresentasikan rancangan pertama mereka yang mencakup tiga bagian: Pembukaan, Nilai & Prinsip, dan Peran & Tanggung Jawab (pernyataan-pernyataan tujuan). MCDC telah mengintegrasikan masukan yang diterima dan menghasilkan versi terbaru dari rancangan tersebut. Versi terbaru akan dipublikasikan di Meta setelah selesai diterjemahkan pada tanggal 14 November.

Permohonan pendapat global mengenai Piagam Gerakan akan berlangsung dari tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022. Para anggota MCDC akan berinteraksi dengan anggota komunitas melalui berbagai saluran untuk mengumpulkan masukan. Periode pelaksanaan permohonan pendapat ini sesuai dengan jadwal kerja perumusan Piagam Gerakan yang telah dipublikasikan sebelumnya.

Sesi perkenalan Piagam Gerakan

Tiga sesi perkenalan Piagam Gerakan telah diselenggarakan untuk memastikan komunitas mendapatkan informasi yang cukup untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan menyumbangkan perspektif mereka tentang Piagam Gerakan. Selama sesi ini, komunitas Wikimedia belajar lebih banyak tentang Piagam Gerakan: tujuan, maksud, mengapa Piagam Gerakan penting, dan bagaimana dampaknya terhadap komunitas Wikimedia. Para anggota MCDC menghadiri ketiga sesi perkenalan yang diselenggarakan dan difasilitasi oleh tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan (MSG).

Sesi perkenalan mengakomodasi komunitas dari zona waktu yang berbeda. Materi presentasi direkam dan dibagikan kepada anggota komunitas yang tidak dapat hadir, sedangkan bagian tanya-jawab dan percakapan peserta tidak direkam karena alasan privasi. Laporan percakapan akan dibagikan di Meta dan di Forum Strategi Gerakan. Di bawah ini adalah daftar sesi perkenalan Piagam Gerakan:

Anda dapat membaca lebih rinci mengenai sesi perkenalan ini pada halaman Meta

Bagaimana cara memberikan masukan?

Setelah sesi perkenalan berlangsung, empat minggu dari tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022 akan didedikasikan untuk mengumpulkan masukan dari komunitas. Ada berbagai cara untuk menghubungi MCDC dan memberikan masukan tentang rancangan dan mengusulkan amendemen atau perubahan. Anggota komunitas yang tertarik dapat berpartisipasi dengan cara:

Fasilitator regional dari tim MSG akan menjangkau anggota komunitas melalui berbagai saluran yang berbeda menjelang dimulainya periode permohonan pendapat.

Program Duta Piagam Gerakan

Apa itu Program Duta Piagam Gerakan?

Program Duta Piagam Gerakan adalah kesempatan untuk mendukung individu dan kelompok dalam menyelenggarakan permohonan pendapat tentang rancangan Piagam Gerakan ke komunitas mereka. Program ini dirancang sehubungan dengan periode permohonan pendapat kepada komunitas mengenai Piagam Gerakan. Program ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sumber daya dan kesempatan bagi komunitas untuk bekerja lebih dekat dengan MCDC.

Tujuan dari Program Duta Piagam Gerakan adalah untuk memastikan bahwa semua suara dalam Gerakan Wikimedia dapat terdengar, terutama dari komunitas yang baru muncul. Anggota komunitas diharapkan dapat terlibat aktif dalam proses perumusan dan peninjauan Piagam Gerakan.

Siapa saja yang dapat bergabung dengan Program Duta Piagam Gerakan?

Siapa pun dapat menjadi Duta Piagam Gerakan. Mereka adalah individu atau kelompok yang membantu memastikan bahwa komunitas mereka terlibat dalam proses permohonan pendapat, memahami isi Piagam Gerakan dan dapat dengan mudah memberikan masukan. Para Duta Piagam Gerakan dapat membantu dengan berbagai cara:

  • Menyelenggarakan permohonan pendapat (baik daring maupun luring) dalam komunitas mereka, mengumpulkan umpan balik, dan melaporkannya kembali di Meta-Wiki.
  • Menerjemahkan isi Piagam Gerakan untuk memastikan isi rancangan tersebut dapat dibaca dalam bahasa mereka sendiri.
  • Mendistribusikan pengumuman terkait Piagam Gerakan kepada komunitas.

Ajukan permohonan hibah!

Dana khusus tersedia untuk mendukung mereka yang tertarik untuk melibatkan komunitasnya dalam Piagam Gerakan. Rincian lebih lanjut tentang cara mengajukan permohonan hibah ada di sini.


Artikel ditulis oleh Aida Akhmedova, Ciell, dan Manavpreet Kaur. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Ramzy Muliawan dan disunting oleh Tim Komunikasi Wikimedia Indonesia.