Kedutaan Swedia untuk Indonesia dan Wikimedia Indonesia membawa WikiGap ke Padang

 

BERITA PERS

Kedutaan Swedia untuk Indonesia dan Wikimedia Indonesia membawa WikiGap ke Padang

Padang, 16 September 2018

 

Kedutaan Swedia untuk Indonesia, bersama Wikimedia Indonesia, bekerja sama menyelenggarakan acara WikiGap di Hotel Amaris pada 16 September 2018 di Padang. WikiGap Padang menargetkan peserta wanita di Padang untuk menjadi kontributor Wikipedia dan menambah jumlah artikel tentang perempuan di internet dalam Bahasa Indonesia dan Minang (Baso Minang). Linda Backteman, Kepala Bagian Perdagangan dan Promosi di Kedutaan Swedia untuk Indonesia akan membuka acara ini, dan 30 peserta wanita dari Padang akan berpartisipasi dan mengkontribusikan tulisan mereka untuk Wikipedia.

 

Wikipedia, ensiklopedia daring terbesar di dunia yang disunting oleh penggunanya, memiliki hampir 50 juta artikel. Tapi jumlah kontributor perempuan jauh lebih sedikit dari jumlah kontributor laki-laki, dan artikel tentang laki-laki empat kali lebih banyak dari artikel perempuan.

 

Indonesia memiliki 700 bahasa daerah, tapi hanya sembilan yang dipakai di Wikipedia, salah satunya adalah Baso Minang. Mengingat Padang memiliki sistem kekerabatan matrilineal yang kuat, komunitas Padang diharapkan bisa menjadi pelopor dalam menutup kesenjangan gender, dan bisa mempengaruhi komunitas lain di Indonesia untuk sadar akan adanya kesenjangan gender di internet. Hingga kini, ada 200 000 artikel dalam Baso Minang, dan WikiGap Padang bertujuan untuk mendorong para kontributor wanita supaya lebih aktif menulis artikel terutama tentang wanita dalam bahasa Indonesia dan Minang.

 

Linda mengungkapkan WikiGap Padang merupakan kelanjutan dari WikiGap Yogyakarta, “Dengan WikiGap Yogyakarta awal tahun ini, kami berhasil menambah jumlah artikel tentang wanita setidaknya 30 artikel. Kami ingin mencapai lebih dari itu. Kami melihat kedinamisan dari teman-teman di komunitas Wikipedia Baso Minang, dan kami percaya dengan adanya kerjasama ini, kami bisa mencapai tujuan dalam mengurangi kesenjangan dalam kesetaraan gender, terutama di Indonesia.”

 

“Kesetaraan gender selalu menjadi salah satu prioritas utama Swedia, tapi wanita yang berada di posisi berpengaruh masih kurang terwakili di semua area dalam masyarakat kita. Kami ingin turut serta mengatasi isu ini bahkan dari suatu hal yang kecil.” Tambah Linda.

 

Swedia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan kebijakan luar negeri feminis pada Oktober 2014. Kemudian di Agustus 2018, Swedia menerbitkan buku pedoman untuk kebijakan luar negeri feminis, berisi metode dan pengalaman yang bisa dijadikan contoh dan inspirasi untuk Dinas Luar Negeri Swedia, pelayanan sipil dan masyarakan secara keseluruhan. Kampanye WikiGap merupakan bagian dari kebijakan luar negeri feminis Swedia, yang berdasarkan dari ambisi untuk menguatkan hak, perwakilan, dan sumber daya wanita dan perempuan, Melalui penulisan yang baru, dan penambahan artikel yang ada di Wikipedia, WikiGap membantu meningkatkan representasi perempuan di internet.

 

Sampai hari ini, sebanyak 50 negara sudah berpartisipasi dalam WikiGap. Lebih dari 1 600 peserta telah menambahkan atau memperbarui setidaknya 4 000 artikel Wikipedia tentang wanita berpengaruh dalam lebih dari 30 bahasa yang berbeda.

 

-selesai-

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi bagian pers dan komunikasi Kedutaan Swedia untuk Indonesia:

Chantya Aretina │ chantya.aretina@gov.se │+62 811 9864 048

Sebelumnya

Pengumuman Penerima Hibah Seni dan Budaya 3,5 M Cipta Media Ekspresi

Siaran Pers: untuk disebarluaskan Jakarta 21 April 2018 Pengumuman Penerima Hibah Seni dan Budaya 3,5 M Cipta Media Ekspresi Cipta Media Ekspresi – hibah untuk perempuan pelaku kebudayaan di segala bidang seni yang didanai oleh Ford Foundation dan dikelola oleh Wikimedia Indonesia telah menerima 1.168 (seribu seratus enam puluh delapan) permohonan hibah dari 34 provinsi...

Berikutnya

Wikimedia Indonesia mendigitalisasi 31 katalog dari Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Siaran pers – untuk disebarluaskan Padang Panjang, 15 November 2018 – Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) di Padang Panjang dalam bidang digitalisasi koleksi majalah dari koleksi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau. Selama hampir tiga bulan, upaya ini telah berhasil mendigitalisasikan lebih dari 1.500...