Wikimedia Indonesia mendigitalisasi 31 katalog dari Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Siaran pers – untuk disebarluaskan


Padang Panjang, 15 November 2018 – Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) di Padang Panjang dalam bidang digitalisasi koleksi majalah dari koleksi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau. Selama hampir tiga bulan, upaya ini telah berhasil mendigitalisasikan lebih dari 1.500 halaman dari 31 nomor katalog.

Dalam digitalisasi tersebut, sebagian besar dari koleksi yang didigitalisasi merupakan majalah yang terbit sekitar tahun 1920-an. Sebagian di antaranya adalah Majalah Aboean Goeroe-Goeroe, Majalah An-Noer, Majalah Berita Koerai, dan beberapa lagi berupa surat kabar El Adab. Seluruh koleksi tersebut dapat diakses dengan bebas di internet melalui situs web Wikimedia Commons, yang merupakan proyek Yayasan Wikimedia yang berpusat di San Fransisco, Amerika Serikat. Koleksi yang telah diunggah tersebut sudah dilengkapi dengan metadata singkat berupa deskripsi berkas, tanggal terbit, dan nama institusi tempat berkas tersebut didigitalisasi.

Tahap selanjutnya adalah mencoba melakukan transkripsi dari koleksi-koleksi yang telah dipindai sehingga meningkatkan keterbacaan koleksi-koleksi tersebut. Dengan demikian, hasil digitalisasi yang telah ditranskripsi dapat disalin dan digunakan untuk penelitian atau sebagai sumber referensi bagi para kontributor dalam mengembangkan artikel Wikipedia.

Dalius, sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang, mengatakan dengan adanya kerja sama antarlembaga ini dapat membantu mempromosikan dan mempublikasikan koleksi-koleksi budaya Minangkabau dari PDIKM. Biyanto Rebin selaku Ketua Umum Wikimedia Indonesia sangat terbantu dengan adanya kerja sama digitalisasi ini, terutama mempromosikan konten-konten lokal di ranah internet. Ia berharap upaya serupa dapat berlanjut di masa mendatang.

Rachmat Wahidi sebagai penanggung jawab program digitalisasi ini mengatakan sangat senang karena mendapatkan kesempatan untuk melestarikan koleksi-koleksi sejarah yang sangat berharga. Ke depannya, ia berharap hasil digitalisasi ini dapat dirujuk oleh para peminat dan peneliti dalam lingkup akademik serta dapat melanjutkan digitalisasi koleksi- koleksi berharga lainnya di Sumatra Barat. Lebih lanjut, Hardiansyah, kontributor Wikipedia bahasa Minangkabau, berpendapat bahwa museum pada zaman teknologi seperti sekarang ini perlu “membuka diri” atas koleksi-koleksinya sehingga dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat lintas geografis sehingga fungsinya tidak hanya sebagai penyimpan, namun juga sebagai sumber mula penyebaran koleksi-koleksi yang berharga.

Program Digitalisasi Konten diinisiasikan untuk mendigitalisasikan koleksi naskah Indonesia dari instansi daerah yang bekerja sama dengan Wikimedia Indonesia. Pada tahun 2018, Wikimedia Indonesia bekerja sama dalam mendigitalisasikan koleksi naskah-naskah dari Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau, dan instansi arsip lainnya di Yogyakarta dan Surakarta.

***SELESAI***


Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui info@wikimedia.or.id

Wikimedia Indonesia (www.wikimedia.or.id) adalah perkumpulan (asosiasi) yang didirikan oleh sukarelawan Wikipedia bahasa Indonesia dan merupakan mitra lokal dari Yayasan Wikimedia. Perkumpulan ini didirikan untuk mendukung upaya-upaya pengadaan dan penyebarluasan materi-materi pengetahuan bersumber terbuka dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia.

Sebelumnya

Kedutaan Swedia untuk Indonesia dan Wikimedia Indonesia membawa WikiGap ke Padang

  BERITA PERS Kedutaan Swedia untuk Indonesia dan Wikimedia Indonesia membawa WikiGap ke Padang Padang, 16 September 2018   Kedutaan Swedia untuk Indonesia, bersama Wikimedia Indonesia, bekerja sama menyelenggarakan acara WikiGap di Hotel Amaris pada 16 September 2018 di Padang. WikiGap Padang menargetkan peserta wanita di Padang untuk menjadi kontributor Wikipedia dan menambah jumlah...