Wikipedia dan Topik Kontroversial: Netralitas dalam Urun Daya Pengetahuan di Wikipedia

Siaran pers – untuk disebarluaskan


Jakarta, 5 Juni 2020 – Wikipedia adalah ensiklopedia yang ditulis dalam berbagai bahasa dan dapat diakses di berbagai belahan dunia. Wikipedia dibangun oleh komunitas dari berbagai latar belakang dan berdiri di atas lima pilar utama: (1) Wikipedia adalah ensiklopedia, (2) Wikipedia memiliki sudut pandang netral, (3) Wikipedia memiliki konten bebas, (4) Wikipedia memiliki aturan tingkah laku, dan (5) Jangan terbebani aturan. Siapa pun, termasuk Anda, dapat berpartisipasi mengembangkan Wikipedia dengan membuat artikel baru atau menyunting artikel yang sudah ada. 

 

Artikel Wikipedia diproduksi oleh para kontributor secara kolaboratif dan sukarela. Oleh karena itu, artikel Wikipedia bersifat dinamis dan dapat berkembang sangat cepat atau sangat lambat tergantung kemampuan kontributor sukarelawan. Kualitas artikel pun menjadi beragam, mulai dari artikel rintisan hingga artikel pilihan. Meski demikian, secara prinsip Wikipedia adalah sumber tersier, artinya para kontributor mengumpulkan atau meringkas informasi dari sumber-sumber primer maupun sekunder (mis. jurnal penelitian, buku, majalah, koran) yang kredibel. Sebagai sumber tersier, Wikipedia belum layak dijadikan referensi dalam penelitian akademis, tetapi boleh digunakan sebagai bacaan pembuka wawasan bagi kalangan awam (lihat penyangkalan umum, isi, dan risiko). Semua artikel yang ada di Wikipedia menyertakan referensi dari sumber primer atau sekunder yang kredibel sehingga dapat dilacak kebenaran informasinya oleh siapa saja.

 

Wikipedia diedit oleh kontributor sukarelawan yang memiliki beberapa sebutan. Yang paling sering diketahui yaitu Pengguna dan Pengurus. Baik Pengguna (juga disebut Wikipediawan), maupun Pengurus (Pengguna yang dipercaya oleh komunitas untuk mendapat hak-hak tambahan, seperti: melindungi halaman, menghapus halaman, memblokir perusak konten, dll.), semua merupakan penulis dan penyunting yang tidak dibayar oleh siapa pun, dan tidak menerima remunerasi dalam bentuk apapun terhadap suntingan-suntingan mereka. Para Pengguna dapat melakukan suntingan secara anonim (tanpa mendaftar) maupun dengan membuat akun. Mereka menyunting dalam waktu luang mereka, dan bukan karena gratifikasi. Hingga tulisan ini dibuat, terdapat lebih dari 1 juta Pengguna terdaftar di Wikipedia bahasa Indonesia (3 ribu di antaranya pengguna aktif) dengan rata-rata 200 juta pembaca setiap bulannya.

 

Semua suntingan yang terjadi di Wikipedia dapat dilihat oleh semua pembaca dan diawasi oleh para Pengguna beserta Pengurus melalui halaman Perubahan terbaru maupun Daftar pantauan. Bilamana terjadi suatu masalah atau untuk tindakan preventif, Pengurus dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan saat terjadi pelanggaran aturan dan kebijakan di Wikipedia, seperti melakukan pemblokiran terhadap pihak yang melakukan vandalisme, melindungi halaman suatu artikel dari vandalisme atau konflik penyuntingan, hingga menghapus artikel. Hingga tulisan ini dibuat, terdapat 532.454 artikel di Wikipedia bahasa Indonesia. Karena banyaknya artikel yang harus diawasi, Pengurus dan Pengguna biasanya memberikan tanda peringatan pada artikel-artikel yang masih bermasalah. Tanda peringatan tersebut penting agar pembaca bijaksana dalam mencerna artikel-artikel Wikipedia dan tidak menelan informasi di dalamnya secara mentah-mentah. Tanda peringatan tersebut juga mengajak pembaca yang memiliki latar belakang akademis untuk menjadi kontributor guna memperbaiki masalah pada artikel tersebut agar kenetralan artikel dapat tercapai.

 

Wikipedia bahasa Indonesia dapat diakses oleh orang di seluruh dunia yang memiliki akses internet dan dapat dikembangkan dengan kemampuan berbahasa Indonesia. Kontributor Wikipedia bahasa Indonesia pun berasal dari berbagai penjuru dunia dan berbagai kewarganegaraan, tidak hanya warga negara Indonesia. Wikipedia bahasa Indonesia terhubung dengan Wikipedia bahasa lainnya, seperti Wikipedia bahasa Inggris, Jepang, Arab, Jawa, Sunda, dan ratusan edisi bahasa lainnya. Banyak artikel di Wikipedia Indonesia yang merupakan terjemahan dari Wikipedia bahasa lainnya dan sebaliknya. Artikel-artikel terjemahan pun tak luput dari pantauan Pengurus maupun Pengguna lain. Sebagian di antaranya yang memiliki masalah dalam terjemahannya juga diberi tanda peringatan.

 

Sebagian artikel merupakan artikel yang rawan konflik penyuntingan (perang suntingan). Artikel yang demikian secara otomatis akan diberi semi-perlindungan (perlindungan sebagian). Artinya hanya pengguna yang terdaftar lebih dari batas waktu tertentu dan telah menyunting dalam jumlah tertentu yang dapat melakukan suntingan pada halaman-halaman tersebut. Wikipedia mendorong komunitasnya, baik penulis, penerjemah, maupun pembaca, untuk mendiskusikan artikel-artikel yang kontroversial di halaman pembicaraan masing-masing secara arif dan beretika. Apabila ada yang ingin berkontribusi tetapi belum memiliki akun Wikipedia, kami menganjurkan agar mereka mendaftar (membuat akun) terlebih dahulu.

 

Isi artikel “Pembantaian di Indonesia 1965–1966” yang menjadi subjek pembahasan terkini di media massa serta media sosial sebagian besar merupakan terjemahan dari Wikipedia bahasa Inggris dengan judul “Indonesian mass killings of 1965–66”. Artikel yang sama juga tersedia dalam Wikipedia bahasa Arab, Wikipedia bahasa Korea, Wikipedia bahasa Turki, dan Wikipedia bahasa-bahasa lainnya. Artikel dalam bahasa Indonesia tersebut memiliki lebih dari 80 referensi yang kredibilitasnya dapat diperiksa oleh siapa saja. Sebagai perbandingan, pembaca dapat memperoleh lebih banyak referensi tentang topik tersebut di Wikipedia bahasa Inggris yang memiliki lebih dari 200 catatan kaki dan referensi dan bisa pembaca periksa sendiri kredibilitasnya. 

 

Komunitas Wikipedia terbuka bagi siapa pun yang ingin merevisi artikel tersebut dengan menyertakan referensi yang kredibel. Karena sifatnya yang kontroversial, artikel tersebut telah diberi semi-perlindungan sejak 30 September 2011. Untuk mengusulkan perubahan yang spesifik (untuk kalimat atau paragraf tertentu), Anda bisa melakukannya melalui halaman pembicaraan artikel tersebut untuk mendiskusikannya secara arif dan beretika, dan jangan lupa menyuntinglah sebagai pengguna terdaftar (memiliki akun).

 

Kami mengibaratkan Wikipedia merupakan dapur pengetahuan bersama, ada kalanya masakan yang disajikan kurang lengkap karena bahan yang kita miliki kurang, ada kalanya sajian yang dihidangkan lengkap dan pas. Untuk itu, kami berharap jika para pembaca menemukan artikel yang disajikan kurang lengkap dan dirasa membutuh perbaikan, pembaca bisa mendaftar dan bergabung dengan komunitas sehingga artikel yang disajikan kualitasnya bisa meningkat. Kami percaya dengan bergerak dan berjuang bersama, semua peristiwa, kejadian, serta ilmu pengetahuan yang sudah terpatri di benak masing-masing orang, bisa dirasakan kebergunaannya oleh para pembaca lain yang tertarik untuk mempelajari berbagai macam hal tadi lebih lanjut. Pengetahuan juga gerbang untuk mengakses kesetaraan dan membuka banyak peluang bagi pihak-pihak dan masyarakat yang sebelumnya memiliki keterbatasan akses.  


Untuk informasi lebih lanjut, hubungi info {at} wikimedia.or.id.

Sebelumnya

Merayakan Keragaman Seni Budaya dan Pemikiran Perempuan bersama CME-Fest

              Siaran Pers Untuk disebarluaskan   Yogyakarta, 26 April 2019   Merayakan Keragaman Seni Budaya dan Pemikiran Perempuan bersama CME-Fest   Cipta Media Ekspresi menyelenggarakan festival seni dan budaya bertajuk “Festival Cipta Media Ekspresi: Etalase Pemikiran Perempuan” (CME-Fest) pada 26-28 April 2019 di Taman Budaya Yogyakarta....