Selesai

EUforia Uni Eropa

Proyek EUforia Uni Eropa merupakan kompetisi menulis bertemakan Uni Eropa di Wikipedia bahasa Indonesia.

 

 

Didukung Oleh

 

 

 

 

Latar Belakang

 

Wikimedia Indonesia telah mengadakan berbagai kompetisi menulis dan edit-a-thon sejak 2010. Kompetisi menulis bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas konten yang tersedia pada Wikipedia bahasa Indonesia. Kompetisi seperti Bebaskan Pengetahuan 2010 dan 2014 di Wikipedia bahasa Indonesia; Papad Limpad dan Mrebawani di Wikipedia bahasa Jawa; dan Sundapedia dan Sabanda di Wikipedia bahasa Sunda telah berhasil mencapai tujuan tersebut.

Wikimedia Indonesia juga bekerja sama dengan lembaga lainnya untuk menyelenggarakan kompetisi menulis dan edit-a-thon, seperti dengan Kedutaan Besar Swedia untuk menyelenggarakan #WikiGap yang merupakan edit-a-thon dalam rangka Hari Perempuan Internasional pada Maret 2018, Museum MACAN untuk mengembangkan artikel bertopik sejarah pameran seni di Indonesi), dan Goethe Institut untuk menyelenggarakan Proyek Ganesha. Lebih dari 3.000 artikel dalam Wikipedia bahasa Indonesia yang telah disunting dan dikembangkan oleh 200 peserta Proyek Ganesha. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat tertarik akan kegiatan tersebut dan mampu meningkatkan kualitas artikel bertopik tertentu.

Per April 2018, Wikipedia bahasa Indonesia mempunyai 427.635 artikel dan 2.465 kontributor aktif. Hal ini membuat Wikipedia bahasa Indonesia menjadi salah satu WIkipedia terbesar di dunia. Namun dari sekian banyak jumlah artikel tersebut, hanya terdapat 90 artikel mengenai Uni Eropa.

Proyek EUforia Uni Eropa bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel bertopik Uni Eropa selama peringatan Bulan Eropa. Kompetisi menulis ini akan diadakan di Wikipedia bahasa Indonesia dan akan berfokus pada lembaga, kebijakan, dan perubahan struktur dari Uni Eropa.