Berlangsung

Sertifikasi Perwakilan Creative Commons Indonesia

Proyek “Sertifikasi Perwakilan Creative Commons Indonesia” (CCID) adalah pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi untuk perwakilan CCID dari empat pulau terbesar di Indonesia. Harapannya sosialisasi lisensi Creative Commons (CC) dapat berlangsung dengan lebih efektif di masa depan dan menjangkau masyarakat Indonesia dalam skala yang lebih luas.

 

Didukung Oleh

 

Proyek ini telah dimulai sejak Oktober 2011 dengan dukungan Wikimedia Indonesia (WMID) dan Ford Foundation. Pada periode hibah tersebut, CCID telah berhasil memprakarsai penerjemahan dan adaptasi lisensi CC 3.0 ke dalam yurisdiksi Indonesia dan meluncurkannya pada tanggal 10-11 November 2012, dilanjutkan dengan penerjemahan lisensi CC 4.0 ke dalam Bahasa Indonesia dan peluncurannya pada tanggal 14 Agustus 2015.

Sepanjang tahun 2016, kami berusaha untuk menjangkau komunitas, masyarakat, pengajar, dan pemerintah, serta menambah dan memperdalam pengetahuan mereka mengenai hak cipta dan lisensi CC. Institusi-institusi yang terlibat dalam proses sosialisasi tersebut antara lain adalah Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan institusi pendidikan seperti Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Brawijaya. Hasil lain dari upaya yang kami lakukan sepanjang tahun 2016 adalah dikecualikannya lisensi CC dan lisensi terbuka lainnya dari kewajiban pencatatan di bawah Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UU 28/2014), sehingga pengguna lisensi CC tidak perlu melalui proses panjang pendaftaran lisensi untuk memublikasikan ciptaannya. CCID juga telah tuntas melakukan penghitungan ciptaan berlisensi CC di Indonesia hingga sebanyak 12.144 ciptaan. Sebagai penutup proyek sebelumnya, CCID mengikutsertakan Konsultan Lisensi Proyek Creative Commons 2016 ke Creative Commons Global Summit 2017 di Toronto untuk mendapatkan informasi terkait proyek-proyek CCID yang akan datang.

Kami memandang perlu untuk melanjutkan proses sosialisasi penggunaan lisensi CC di Indonesia, membantu pencipta dalam mempertahankan hak ciptanya sambil sekaligus mengizinkan orang lain untuk menyalin, menyebarluaskan, dan menggunakan karya cipta sesuai dengan syarat yang diinginkan oleh pencipta tersebut.

 

Tujuan

Proses sosialisasi tentang lisensi CC merupakan pilar yang penting untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan masyarakat Indonesia akan pengetahuan tentang Lisensi CC. Salah satu tantangan dalam pelaksanaan sosialisasi lisensi CC adalah mengatasi terbatasnya sumber daya manusia dari CCID. Keterbatasan tersebut merupakan salah satu penghambat tim CCID untuk memenuhi permintaan sosialisasi lisensi CC dari berbagai daerah di Indonesia pada hibah sebelumnya. CCID akan menerapkan konsep Training of Trainers (ToT) yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi CCID dalam mengatasi keterbatasan sumber daya manusia dan persebaran pengetahuan terkait hak cipta dan lisensi CC di Indonesia. Dalam proyek perpanjangan ini CCID akan membuat persiapan terkait proyek tersebut dengan melakukan korespondensi bersama jaringan global Creative Commons untuk membuat penyesuaian dalam proyek Training of Trainers. Selain itu, CCID juga memanfaatkan jalur daring untuk melengkapi proses sosialisasi Lisensi CC di Indonesia. Kuesioner dan tes pengetahuan tentang hak cipta dan Lisensi CC juga akan disebarkan ke seribu pengguna internet di Indonesia untuk menjadi salah satu alat ukur tingkat pengetahuan masyarakat Indonesia tentang hal-hal terkait.

 

Indikator Keberhasilan

Berdasarkan penjabaran tujuan proyek di atas, hasil akhir yang diharapkan dari proyek ini adalah:

  1. 100 artikel di blog Creative Commons Indonesia dengan target lima ribu kunjungan (2017-2019)
  2. Tersebarnya kuesioner dan tes pengetahuan hak cipta dan lisensi CC ke seribu pengguna internet di Indonesia
  3. Terselenggaranya 12 lokakarya intensif lisensi Creative Commons dengan format Training of Trainers di wilayah timur dan barat Indonesia
  4. Indonesia memiliki 10 kontak ahli lisensi hak cipta CC