Berlangsung

Wiki Jelajah 2.0

 
Wiki Jelajah 2.0 merupakan upaya Wikimedia Indonesia untuk membantu jutaan murid sekolah dasar dan menengah di Indonesia untuk mendapatkan akses suplemen ilmu pengetahuan yang gratis dan berkualitas di Wikipedia bahasa Indonesia.
Wiki Jelajah 2.0 tampil dengan format tantangan menulis yang dapat diikuti oleh semua orang yang ingin berkontribusi dalam menyediakan dan meningkatkan bahan ajar berkualitas bagi seluruh siswa dan siswi di Indonesia.

Jutaan siswa-siswi Indonesia, dari kalangan sekolah dasar hingga menengah atas, tidak dapat bersekolah tatap muka akibat pandemi Covid-19. Selain itu, tidak semua siswa juga memiliki akses internet yang baik untuk dapat melakukan telekonferensi. Hal ini mengakibatkan pemahaman mereka akan beberapa mata pelajaran menjadi berkurang. Pemahaman yang tidak maksimal akan mata pelajaran tidak hanya akan menyulitkan siswa ketika mereka ujian, tapi juga ketika memahami pelajaran selanjutnya.

Wikipedia bahasa Indonesia merupakan salah satu situs yang umum digunakan oleh siswa dalam mencari informasi. Namun, karena sifatnya yang dibangun oleh sukarelawan, informasi di Wikipedia terkadang tidak akurat, tidak lengkap, atau tidak memenuhi kebutuhan informasi siswa. Wikimedia Indonesia melihat bahwa potensi Wikipedia bahasa Indonesia sebagai sumber informasi bagi siswa sangat besar, oleh karena itu meluncurkan tantangan menulis Wiki Jelajah 2.0. Wiki Jelajah 2.0 merupakan lanjutan dari kompetisi menulis Wiki Jelajah yang sebelumnya pernah diselenggarakan tahun 2018 dengan format baru.

Ayo ikut tantangan ini, sekaligus menangkan hadiah perjalanan WikiNusantara 2021 di Kota Padang, Sumatra Barat!

Klik pranala ini untuk informasi lebih lanjut atau klik disini untuk mendaftarkan diri.

Untuk bertanya kepada panitia, Anda dapat menghubungi kami melalui surel kompetisi﹫wikimedia.or.id.