Menjadi Anggota

 

Wikimedia Indonesia adalah organisasi independen dan secara hukum tidak terkait dengan organisasi apapun juga (bukan cabang organisasi lain). Walaupun berdiri sendiri, berdasarkan sejarahnya organisasi didirikan dengan misi pengetahuan bebas yang sama dengan asosiasi-asosiasi dibelahan dunia lain dan secara internasional yang mendukung misi ini. Wikimedia Indonesia di tahun yang sama pendiriannya pada tahun 2008 diakui sebagai mitra lokal Wikimedia Foundation, Inc., sebuah yayasan nirlaba bebas pajak di Amerika Serikat, yang menaungi proyek-proyek kolaborasi wiki terbesar di dunia, termasuk Wikipedia, sebuah ensiklopedia daring yang bebas dan gratis. Wikimedia Indonesia memiliki tujuan yang seiring sejalan, tetapi bukanlah cabang dari Wikimedia Foundation, dan berdiri secara independen.

 

Menurut AD/ART Perkumpulan, anggota Wikimedia Indonesia terbuka bagi setiap warga negara Indonesia tanpa dibatasi usia. Namun begitu hanya anggota yang berumur minimal 21 tahun yaitu yang telah dewasa berdasarkan hukum KUHP perdata yang mempunyai hak suara, hak memilih dan hak dipilih sebagai Dewan Pengurus atau Dewan Pengawas berdasarkan tata tertib Rapat Anggota. Berdasarkan hasil keputusan Rapat Dewan Pengurus tertanggal 27 Januari 2012, ditetapkan usia minimal untuk mendaftar menjadi anggota adalah 17 tahun.

 

Penerimaan anggota baru Wikimedia Indonesia dibuka sekali setiap tahunnya. Untuk periode 2018, pendaftaraan keanggotaan dibuka pada tanggal 1 Januari hingga 28 Februari 2018. Pengumuman penerimaan keanggotaan akan dilakukan pada akhir bulan Maret 2018. Calon anggota yang memenuhi syarat dan telah diterima aplikasinya akan dihubungi secara langsung melalui surel mengenai penerimaannya menjadi anggota resmi Wikimedia Indonesia periode 2018.