Tentang Kami

 
 
Wikimedia Indonesia adalah organisasi nirlaba dan merupakan mitra lokal dari Wikimedia Foundation, pengelola situs populer dunia Wikipedia dan proyek-proyek wiki lainnya. Wikimedia Indonesia berdedikasi untuk mendorong pertumbuhan, pengembangan, dan penyebaran pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia secara bebas dan gratis.
 
 

Wikimedia Indonesia awalnya dicetuskan untuk didirikan pada pertemuan (kopi darat) sukarelawan penulis Wikipedia Bahasa Indonesia pada 22 November 2006 yang dihadiri oleh tujuh orang pengguna. Setelah melalui kurang lebih empat belas pertemuan, pada 2 Mei 2008 upaya ini dikukuhkan dengan penulisan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi. Pada awalnya bentuk organisasi adalah yayasan namun setelah berkonsultasi lalu ditentukan bahwa bentuk organisasi yang paling tepat adalah berupa perkumpulan dengan kekuasaan terbesar berada di tangan anggota. Wikimedia Indonesia didirikan oleh 19 orang yang kemudian dikenal sebagai "pendiri". Wikimedia Indonesia mengumpulkan dana dari ke-19 pendiri ini sebesar lima juta rupiah. Organisasi ini berdiri tanpa dukungan dana dari luar dan murni inisiatif para pendirinya. Jabatan Direktur Eksekutif pertama (yang kemudian diubah dengan AD/ART revisi tahun 2011 menjadi Ketua Umum) adalah Ivan Lanin. Pada tahun 2013, posisi Ketua Umum Wikimedia Indonesia dijabat oleh Siska Doviana. Pada tahun 2016, posisi tersebut digantikan oleh Biyanto Rebin.

 

Pada 05 September 2008, Wikimedia Indonesia resmi berdiri dan disahkan melalui akta notaris. Di akhir tahun 2010, revisi anggaran dasar dari pemerintah Indonesia melalui Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia diadopsi oleh organisasi dan disahkan pada tahun 2011.