Lokakarya WD4AI (Wikidata For Artificial Intelligence)

Lokakarya WD4AI (Wikidata For Artificial Intelligence)


Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan tim pengajar mata kuliah Sistem Cerdas Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia telah menyelenggarakan lokakarya WD4AI (Wikidata For Artificial Intelligence) yang bertempat di Universitas Indonesia pada Sabtu, 3 November 2018 lalu. Acara yang dihadiri oleh 140 orang ini merupakan subprogram dari proyek Peningkatan Konten Wikidata.


Lokakarya WD4AI bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan kesadaran mahasiswa Universitas Indonesia dan anggota Wikimedia Indonesia tentang pemanfaatan Wikidata, terutama dalam peningkatan konten terkait Indonesia. Lokakarya ini terdiri atas dua sesi. Sesi pertama bertajuk Wikidata untuk Pemula yang dibawakan oleh Raisha Abdillah  dari Wikimedia Indonesia. Sesi kedua dibawakan oleh Pak Adila Alfa Krisnadhi yang bertajuk Ontologi pada Wikidata. Pada acara ini juga dilakukan diseminasi hasil capaian penelitian subtopik BudayaKB yang telah meningkatkan konten warisan budaya Indonesia pada Wikidata.




Sebagai bentuk peningkatan konten Wikidata secara riil, selepas acara lokakarya terdapat pula sesi latihan yang dilaksanakan melalui penyebaran lembar kerja secara daring dan dikerjakan oleh 150 mahasiswa. Materi latihan terkait dengan peningkatan konten tentang Indonesia. Masing-masing mahasiswa setidaknya mengembangkan empat konten dari pernyataan dan entitas Wikidata, sehingga total konten Wikidata yang dikembangkan mencapai 600. Selain penambahan konten Wikidata, mahasiswa juga diminta untuk mengecek kembali kualitas data mengenai lokasi warisan budaya yang diunggah secara otomatis oleh BudayaKB.

 


Tambahan:


  • Salindia untuk sesi pertama (Wikidata untuk Pemula) dapat diunduh di sini.
  • Salindia untuk sesi kedua (Ontolofi pada Wikidata) dapat diunduh di sini.
  • Seluruh dokumentasi mengenai acara lokakarya dapat dilihat di sini.