Wikipedia Membebaskan Pengetahuanku

 
 
Tidak pernah terbayangkan serta terpikirkan sebelumnya bahwa saya dapat menginjakkan kaki di berbagai daerah dan mengunjungi banyak tempat di Indonesia, negara kita yang begitu luas ini. Semuanya bisa terwujud melalui Wikipedia, ensiklopedia berbasis daring terbesar di dunia. Melalui kerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) dalam program WikiPelatih Guru, saya diantar berkeliling Indonesia untuk ikut serta dalam membebaskan pengetahuan. Kegiatan WikiPelatih Guru yang dimulai pada awal tahun 2019 hanya berhasil meluluskan dua peserta, salah satunya saya.
 
Selama tahun 2019, saya, mewakili PGRI, mendapatkan kesempatan mengadakan WikiLatih Guru di empat daerah seluruh Indonesia dengan dukungan Wikimedia Indonesia. Kalimantan Barat menjadi tempat pertama kegiatan Wikilatih PGRI yang dilaksanakan pada 3—4 Agustus 2019. Selanjutnya, Lampung menjadi tempat kedua pelaksanaan pada 7 September 2019. Acara ketiga berlangsung di Kendari Sulawesi Tenggara pada 21—22 September 2019. Surabaya menjadi tempat persinggahan terakhir pelaksanaan program WikiLatih tahun 2019. Ratusan guru telah terbantu mendapatkan pengetahuan bagaimana cara Wikipedia bekerja sembari berkontribusi langsung dengan cara menulis artikel di Wikipedia bahasa Indonesia.
 
Visi dan tujuan Wikimedia Indonesia bahwa pengetahuan dapat diakses secara bebas oleh seluruh manusia sangat visioner dan keren. Era revolusi industri 4.0 saat ini mampu membuat manusia dapat mengakses segala pengetahuan tanpa sekat ruang dan waktu. Wikipedia bahasa Indonesia pun mampu tembus hingga lebih dari 500.000 artikel. Pencapaian yang luar biasa bagi kita semua. Betapa banyak manusia yang bisa mendapatkan manfaat dari pengetahuan yang ada di situs Wikipedia. 
 
Terima kasih Wikipedia. Terima kasih Wikimedia Indonesia. Karena Wikipedia, dahaga pengetahuan kami bisa terpuaskan.
 
 

Oleh: Catur Nurrochman Oktavian
 
Peserta WikiPelatih Guru, guru di SMPN 1 Kemang, Ketua Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari Pengurus Besar PGRI, dan juga redaktur pelaksana pada majalah Suara Guru PB PGRI.

Sebelumnya

Asyiknya Magang bersama Wikimedia Indonesia

Penulis: Nur Rahmi Nailah   Wikimedia Indonesia memberikan kesempatan kepada...

Berikutnya

Jalan Panjang Wikipedia Bahasa Bali

Tanggal 14 Oktober 2019 menjadi tanggal bersejarah bagi kontributor Wikipedia bahasa Bali. Pada...