Giat Komunitas Wikimedia Bandung dalam Melestarikan Bahasa dan Budaya Sunda

Komunitas Wikimedia Bandung merupakan komunitas daerah yang berafiliasi dengan Wikimedia Indonesia dan beranggotakan sukarelawan-sukarelawan proyek Wikimedia yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya. Sukarelawan dalam komunitas ini pun berasal dari berbagai kalangan. Ada guru, dosen, mahasiswa, karyawan, bahkan ada juga siswa SMA.

 

Kendati berada di Bandung, komunitas ini tidak hanya berisikan kontributor Wikipedia Sunda, tetapi juga ada kontributor Wikipedia bahasa Indonesia, Wikipedia bahasa Bali, dan calon Wikipedia bahasa Batak Toba. Walaupun begitu, fokus komunitas Wikimedia Bandung tetap pada bahasa Sunda karena mayoritas anggota merupakan penutur asli bahasa Sunda dan komunitas Bandung juga mengelola media sosial Wikipedia Sunda di Instagram, Facebook, dan Twitter.

 

Biasanya orang yang memiliki minat terhadap bahasa dan budaya Sunda adalah generasi yang sepuh, tetapi di Komunitas Wikimedia Bandung, percaya atau tidak, orang-orang muda yang justru memiliki antusiasme tinggi terhadap bahasa dan budaya Sunda. Sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa.

 

Kami telah beberapa kali melaksanakan WikiLatih (pelatihan Wikipedia) berbahasa Sunda, dan satu kali Wiki Masuk Sekolah (kelas penulisan Wikipedia) berbahasa Sunda. Selain itu, setiap bulannya kami melaksanakan kopdar dengan agenda membuat artikel bersama di Wikipedia bahasa Indonesia dan Wikipedia Sunda. Pada bulan Februari 2020, kami telah melaksanakan kopdar komunitas dengan agenda memasukkan entri-entri ke Wiktionary bahasa Sunda, dengan target setiap peserta yang hadir memasukkan minimal 25 entri. Di media sosial, kami aktif mengunggah hal-hal mengenai bahasa Sunda. Kami sempat memiliki program “Sapoé Sakecap” (satu hari satu kata) yang diunggah di Instagram dan Twitter tiap harinya.

 

Salah satu waditra (alat musik gamelan) yang didokumentasikan oleh Komunitas Wikimedia Bandung.

 

Dari bulan Januari-April 2020, kami telah melaksanakan program hibah komunitas bertajuk “WikiWaditra”, yakni kegiatan mendokumentasikan alat musik tradisional Sunda, bekerja sama dengan Institut Seni Budaya Indonesia. Dokumentasi berbentuk foto, audio, dan video. Kami mendokumentasikan bentuk alat musik tersebut, merekam bunyinya, dan memvideokan bagaimana alat musik tersebut dimainkan. Setelah didokumentasikan, berkas-berkas tersebut kemudian diunggah di Wikimedia Commons agar dapat digunakan di semua proyek Wikimedia dan juga oleh masyarakat.

 

Selain itu, di dalam komunitas kami ada Kang Ilham Nurwansah yang mendapat beasiswa konferensi di Wikimania 2019 yang dilaksanakan di Stockholm, Swedia. Ia menjelaskan tentang bahasa Sunda di depan para Wikipediawan dari mancanegara.

 

Kami menyadari, jika bukan kami yang melestarikan bahasa dan budaya Sunda, siapa lagi? Kami ingin membebaskan pengetahuan seluas-luasnya ke dalam bahasa yang kami tuturkan sehari-hari, yakni bahasa Sunda. Kami juga ingin membuktikan bahwa orang yang tertarik dengan bahasa dan budaya Sunda itu bukan hanya generasi tua, tetapi banyak generasi muda yang memiliki minat yang tinggi dalam melestarikan bahasa dan budaya Sunda. Penulis berharap, semakin banyak pemuda yang tertarik melestarikan bahasa Sunda melalui berbagai proyek Wikimedia. Diantos kontribusina!


Keterangan foto: 

(1) Dokumentasi Rapat Wiki Masuk Sekolah Bandung 15 September 2019 oleh A2613 dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.

(2) Bonang laras Salendro koleksi Jurusan Karawitan ISBI Bandung oleh Lany Pirna dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.


Oleh: Ahmad Fauzi, sukarelawan Wikipedia Sunda

Sebelumnya

Kabar Terbaru tentang Pertemuan Tatap Muka

Bila di masa lalu kita mampu memprediksi apa yang akan terjadi pada tahun ini, Wikimediawan di...

Berikutnya

Wikipedia Bahasa Bali dan Usaha Menemukan Peristilahan Baru

Wikipedia bahasa Bali kini telah hadir menjadi salah satu bagian dari keluarga besar Wikimedia...