Membaca dan Berkontribusi Bersama Wikisource Indonesia

Membaca dan Berkontribusi Bersama Wikisource Indonesia

Berbicara tentang gerakan Wikimedia memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai pengalaman, penambahan wawasan, dan pengembangan kapasitas diri bisa kita dapatkan. Misalnya saja kompetisi Wikisource yang diadakan oleh Wikimedia Indonesia pada tanggal 15 April–30 April 2021.

Awalnya, saya sebagai peserta dan pengguna baru merasa kebingungan tentang bagaimana cara berkontribusi di Wikisource, salah satu proyek Wikimedia. Untungnya, panitia kompetisi sudah mempertimbangkan segala kebutuhan bagi pengguna baru seperti saya. Petunjuk dan arahan yang diberikan melalui kanal YouTube Wikimedia Indonesia cukup membantu saya. Kompetisi dengan para peserta yang kompetitif terasa sangat menyenangkan. Kompetisi ini dimenangkan oleh dua orang perempuan, yaitu Ulum Arifah yang memenangkan sebuah kamera dan Kadek Ayu Sulastri yang memenangkan sebuah laptop. 

Meskipun tidak menjadi pemenang pada kompetisi tersebut, saya masih terus berkontribusi, apalagi saat saya mengetahui Wikisource merupakan wadah yang menampung buku-buku atau arsip yang telah menjadi milik publik. Pada titik itulah saya mulai menjajaki diri lebih dalam untuk mengenal apa itu Wikisource.

Apakah Wikisource itu?

Setelah kompetisi berakhir, saya masih aktif menelusuri Wikisource itu sendiri sampai akhirnya saya paham apa itu Wikisource. Wikisource adalah salah satu proyek Wikimedia yang berbentuk perpustakaan bebas dan tersedia dalam berbagai bahasa. Salah satunya adalah Wikisource bahasa Indonesia yang disebut juga dengan Wikisumber. Wikisource bahasa Indonesia mulai memiliki subdomain sendiri sejak tanggal 6 November 2005. Konten Wikisource mencakup naskah sumber, terjemahan, naskah bersejarah, serta biografi. Hingga saat ini, sudah tersedia sekitar 3.955 naskah yang dapat diakses di Wikisource bahasa Indonesia. 

Apa itu Komunitas Wikisource Indonesia dan sejak kapan berdiri? 

Proyek Wikisource tersebut tentunya memerlukan komunitas untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, saya dan beberapa pengguna lainnya yang memiliki ketertarikan yang sama akan Wikisource ini berinisiatif untuk membentuk Komunitas Wikisource Indonesia. Komunitas ini terbentuk pada tanggal 9 Juni 2021 dan terdiri dari tiga anggota, yaitu saya, Sathira15, dan Kadek Ayu Sulastri. 

Komunitas ini bertujuan untuk mengenalkan keberadaan Wikisource bahasa Indonesia dan mengembangkan naskah-naskah yang ada di Wikisource bahasa Indonesia. Saat ini, kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas adalah rapat komunitas dan kegiatan menulis bersama anggota komunitas. Komunitas Wikisource Indonesia memiliki dua media sosial, yaitu Instagram dengan nama akun @wikisource.id dan Twitter dengan nama akun @wikisource_id. 

Sejauh ini komunitas telah melakukan uji baca beberapa buku karya A. Damhoeri, seperti  Bumiku yang Subur, Khautul Kulub, dan Si Domba Ameh sebagai bagian dari target bulanan kami. Komunitas menargetkan uji baca dokumen mencapai minimal 30.000 bita tiap bulannya.

Rekomendasi buku untuk diunduh dan diuji baca 

Ada beberapa buku di Wikisource bahasa Indonesia yang saya rekomendasikan. Salah satunya berjudul Kami Perkenalkan yang membahas politikus zaman dahulu serta buku-buku karya A. Damhoeri yang sebagian telah kami uji baca. Buku-buku mereka adalah mahakarya dari penulis-penulis pada zamannya. 

Nah, sekian informasi tentang Wikisource. Jangan ragu untuk bergabung dan berkontribusi. Ada banyak sekali pengetahuan dan informasi yang masih menjadi harta karun dan menunggu untuk kita temukan. Bila ada pertanyaan tentang bagaimana berkontribusi di Wikisource bahasa Indonesia, silakan hubungi komunitas kami melalui akun media sosial yang telah saya sampaikan di atas.

Salam bebaskan pengetahuan untuk Indonesia yang lebih berliterasi!