Proyek Percontohan dari Google dan Wikimedia Indonesia untuk Pengguna Pencarian Bahasa Indonesia

Tentang Proyek Ini

Wikimedia foundation bersama Wikimedia Indonesia saat ini sedang bekerja sama dengan Google untuk melaksanakan sebuah proyek percontohan yang akan mengubah cara penyajian konten yang diterjemahkan oleh mesin dalam hasil pencarian Google untuk pengguna bahasa Indonesia. Saat ini terdapat 5,7 juta artikel Wikipedia yang ditulis menggunakan bahasa Inggris, namun sayangnya hanya 444 ribu artikel Wikipedia yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Perluasan akses dan ketersediaan konten dalam bahasa lokal sangat penting bagi misi Wikimedia. Dalam kasus saat konten bahasa lokal belum tersedia, kami melihat proyek percontohan ini sebagai metode sementara namun mampu memberikan dampak kepada perluasan akses pengetahuan dan informasi.

Fungsionalitas pada Pencarian Google Saat Ini

Saat ini, jika seseorang melakukan pencarian Google untuk bahasa selain bahasa Inggris, Google akan menampilkan hasil pencarian dari Wikipedia dalam bahasa Inggris dengan tampilan ringkas yang juga dalam bahasa Inggris namun memiliki pilihan untuk menerjemahkan artikel tersebut ke bahasa lain.

Anda dapat melihat contohnya pada tangkapan layar di bawah ini:



Fitur Baru pada Proyek Percontohan Ini

Dalam proyek percontohan ini, ketika seseorang mencari sebuah topik dalam bahasa Indonesia namun ternyata tidak ada artikel Wikipedia bahasa Indonesia yang ditemukan, Google akan menyediakan versi terjemahan mesin dari artikel Wikipedia bahasa Inggris pada hasil pencarian dalam bahasa Indonesia. Hasil pencarian tersebut juga akan mencakup pesan yang menyatakan bahwa hasil pencarian adalah terjemahan mesin dan akan memberikan opsi untuk membaca artikel asli dalam Wikipedia bahasa Inggris. Jika ditemukan artikel Wikipedia bahasa Indonesia yang berkualitas, algoritma pemeringkatan Google akan lebih mementingkan konten yang ditulis dalam bahasa lokal daripada versi terjemahan mesin. Fungsionalitas baru ini tidak mengubah apapun di situs web Wikipedia, dan hanya berlaku untuk pencarian konten yang dilakukan di Google.

Anda dapat melihat tangkapan layar dari fungsionalitas baru tersebut disini:

 

Siapa Saja yang Akan Mengalami Perubahan Ini?

Google akan menerapkan uji coba ini ke sebagian pengguna yang melakukan pencarian untuk konten medis dan sains dalam bahasa Indonesia di Indonesia. Google akan menguji fungsionalitas baru ini untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap pengalaman pengguna Google dan Wikipedia. Komunitas Wikimedia Indonesia dan staf Wikimedia Foundation akan mempertahankan komunikasi dengan Google untuk berbagi umpan balik saat mereka menguji fitur baru tersebut.

Bagaimana Wikimedia Foundation dan Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan Google dalam uji coba ini?

Pada awalnya Google datang menemui Wikimedia Foundation dengan ide untuk melaksanakan proyek ini. Mereka kemudian juga melakukan percakapan dengan Wikimedia Indonesia, mitra lokal Wikimedia Foundation, dan Departemen Audiensi, Wikimedia Foundation. Kami bekerja sama untuk menerapkan hal-hal yang terkait dengan fungsionalitas baru dari fitur hasil pencarian tersebut pada Wikipedia. Kami juga bekerjasama dengan mereka untuk memberikan saran dan juga untuk lebih memahami bagaimana pengaruh hasil pencarian Google terhadap Wikipedia. Kami akan terus berdiskusi dengan mereka, berbagi umpan balik tentang proyek percontohan ini, dan mengeksplorasi berbagai cara untuk mengembangkan dan memperluas ketersediaan konten dalam Wikipedia bahasa Indonesia.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai proyek percontohan ini, Anda dapat menanyakannya melalui surel di info@wikimedia.or.id. Terima kasih!

Sebelumnya

Lokakarya WD4AI (Wikidata For Artificial Intelligence)

  Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan tim pengajar mata kuliah Sistem Cerdas Fakultas Ilmu...