#WikiGap Bandung untuk Internet yang Lebih Berimbang

Tahukah Anda bahwa 9 dari 10 editor Wikipedia adalah laki-laki dan hanya 20% artikel biografi di Wikipedia adalah biografi perempuan?

Pada Minggu, 24 Maret 2019 lalu, sebanyak 43 orang di Eduplex Bandung yang terdiri dari peserta dan panitia berusaha untuk memecahkan permasalahan ini. Acara dikemas dalam sebuah pelatihan menulis di Wikipedia yang dimaksudkan untuk memperbanyak artikel biografi perempuan sehingga membuat internet lebih representatif untuk perempuan.

Akan tetapi, mereka tidak sendirian dalam memperjuangan internet yang lebih berkesetaraan gender. Ada lebih dari 1.800 orang dari 60 negara di dunia yang juga tergabung dalam gerakan global WikiGap. Gerakan dengan semboyan let’s close the internet gender gap ini adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk mewujudkan representasi kaum perempuan di internet yang lebih berimbang. WikiGap mendorong agar lebih banyak perempuan berpartisipasi menulis dan lebih banyak artikel tokoh perempuan tersedia di internet. Para sukarelawan menulis artikel-artikel biografi untuk para pakar, seniwati, penulis, atau tokoh sejarah perempuan dalam Wikipedia berbagai bahasa. Sejauh ini, WikiGap telah berhasil menciptakan atau memperbarui 13.000 artikel tentang tokoh dan teladan perempuan.

WikiGap Bandung terselenggara atas kerja sama dengan Kedutaan Besar Swedia Jakarta dan Wikimedia Indonesia dan merupakan acara WikiGap ketiga di Indonesia setelah WikiGap Yogyakarta dan WikiGap Padang. Akan tetapi jalan masih panjang untuk internet yang berkesetaraan gender, terus ambil bagian dalam gerakan ini. Let’s close the internet gender gap.

Sebelumnya

Sanko: Dalam Wikipedia, Kontribusimu Abadi

Nama lahirnya Sandjaja Kosasih. Lahir di Mojokerto, Jawa Timur pada 6 Januari 1965. Saya...