Penelitian Sejarah bersama Wikimedia

Pada tahun 2017, sekitar empat ratus dokumen Ki Hajar Dewantara di Museum Taman Siswa Dewantara Kirti Griya telah dipindai dan diunggah ke Wikimedia Commons oleh Wikimedia Indonesia. Dokumen tersebut adalah dokumen berbahasa Belanda. Dengan bantuan Wikimedia Nederland dan sukarelawan di Belanda, teks yang ada ditranskripsi dan diterjemahkan pada tahun 2018.

 

Michelle Boon dari Wikimedia Nederland takjub dengan kegiatan ini. Menurutnya, di Indonesia, Ki Hajar Dewantara adalah seorang pahlawan nasional yang potretnya ada pada uang kertas bahkan ada hari libur khusus pada hari ulang tahunnya. Namun, di Belanda, ia tidak dikenal meskipun memiliki pengaruh yang cukup besar dalam perpolitikan Belanda. Dualitas dalam sejarah ini membuatnya penasaran. Oleh karena itu, Michelle memulai proyek penelitian sejarah pada tahun 2019. Lebih lanjut, dalam dunia akademik masih banyak prasangka terhadap penggunaan data Wikimedia. Melalui proyek ini, ia ingin menguatkan klaim bahwa organisasi terbuka, khususnya Wikimedia, sangat berharga bagi dunia akademik.

 

Informasi yang ada di dokumen Ki Hadjar Dewantara (profil orang dan acara yang dibicarakannya) akan dimasukkan ke Wikidata. Sebelumnya, informasi tersebut baru tersedia di Wikimedia Commons dan Wikisource. Dengan dimasukkan ke Wikidata, analisa dan visualisasi data dari surat-surat tersebut lebih mudah dilakukan. 

 

Saat ini, Michelle Boon masih fokus untuk memasukan informasi ke Wikidata dan mencari pendanaan penelitian. Semoga kegiatan yang melibatkan Wikimedia Indonesia, Wikimedia Belanda, dan Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya bisa berjalan dengan lancar.

 


Artikel ini disadur oleh Hardiansyah

Staf GLAM, Wikimedia Indonesia

Sebelumnya

Kepedulian terhadap hak cipta di Indonesia: Tantangan dan (usulan) jalan keluar

Terlibat dalam gerakan yang mempromosikan pengetahuan terbuka merupakan sebuah kesempatan yang...

Berikutnya

Ahmad Fauzi dan Arief Rahman: Penerima Hibah Saraswati

Ahmad Fauzi adalah penerima hibah Saraswati termuda. Saat ini ia masih menempuh pendidikan di...