Ahmad Fauzi dan Arief Rahman: Penerima Hibah Saraswati

Ahmad Fauzi adalah penerima hibah Saraswati termuda. Saat ini ia masih menempuh pendidikan di sekolah menengah atas. Ia pertama kali menyunting di Wikipedia bahasa Indonesia pada usia 12 tahun. Saat itu, ia menyunting artikel mengenai perkeretaapian. Artikel pertamanya berjudul Jalur Lingkar Osaka

 

Setelah berkontribusi di Wikipedia bahasa Indonesia, ia mulai mengunjungi Wikipedia bahasa Sunda dan mengikuti kompetisi Wiki Sabanda. Wiki Sabanda adalah kompetisi menulis di Wikipedia Sunda pada tahun 2015. Uniknya, ia menulis artikel melalui ponsel berukuran 4 inci. Di kompetisi tersebut, ia berhasil menulis 118 artikel dan menjadi pemenang ketiga.

 

Setelah kompetisi selesai, ia masih berkontribusi di Wikipedia bahasa Indonesia dan Wikipedia Sunda. Selain menulis, ia juga menjadi pelatih Wikilatih. WikiLatih adalah program pendidikan Wikimedia Indonesia yang fokus memberikan pelatihan menulis di Wikipedia. Di Proyek Saraswati, Ahmad Fauzi banyak menulis tentang bentang alam dan taman nasional. 

 

Penerima hibah Saraswati lainnya adalah Arief Rahman. Ia secara mandiri mengelilingi desa di Kalimantan untuk mengambil foto pada akhir tahun 2010. Awalnya, ia hanya ingin melengkapi artikel di Wikipedia dengan foto. Namun, ia akhirnya keterusan menjadi kontributor di Wikimedia Commons. Selain bangunan publik, Arief juga mengambil foto rumah adat, situs sejarah, dan bentang alam. 

 

 

Arief pertama kali mengetahui hibah Saraswati melalui media sosial. Ia kemudian mencoba mengirim aplikasi sesuai persyaratan dengan harapan bisa lolos menjadi penerima hibah. Menurut Arief, hibah Saraswati bisa mendukungnya untuk berkontribusi lebih banyak di Wikipedia.

 


Oleh: Hillun Vilayl Napis

Koordinator Kompetisi, Wikimedia Indonesia

Sebelumnya

Penelitian Sejarah bersama Wikimedia

Pada tahun 2017, sekitar empat ratus dokumen Ki Hajar Dewantara di Museum Taman Siswa Dewantara...