Wiki Masuk Sekolah di Padang

Apa jadinya jika civitas akademika turun tangan dalam gerakan penyebarluasan pengetahuan dan pelestarian bahasa daerah? Barangkali, ada kesan bahwa perguruan tinggi itu seperti menara gading. Berdiri megah, nyaman, tetapi tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat. Ada jurang antara perguruan tinggi dengan masyarakat itu sendiri.

 

Anggapan demikian berupaya dipatahkan oleh Jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas. Wikimedia Indonesia dan Jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas sepakat untuk bekerja sama melalui program Wiki Masuk Sekolah (WMS). WMS merupakan program pendidikan yang mengajak mahasiswa untuk menulis di Wikipedia bahasa daerah.

 

Melalui WMS, Wikimedia Indonesia berupaya mengajak mahasiswa untuk turut serta dalam pelestarian bahasa Minangkabau dan penyebarluasan pengetahuan secara bebas.

Melalui publikasi pengetahuan di Wikipedia, kita harapkan perguruan tinggi dapat berkontribusi kepada masyarakat dalam mengakses pengetahuan secara bebas dan gratis. Kita memang tidak berkontak langsung secara fisik, tetapi bisa turut andil dalam memberikan informasi yang ilmiah dan valid. -Ketua Jurusan Sastra Minangkabau, Dr. Pramono-

Hasil urun daya telah menghimpun berbagai kebudayaan Minangkabau dalam bentuk artikel yang selama ini tidak terhimpun oleh Wikipedia. Per 15 Desember 2019, ada 93 mahasiswa yang berpartisipasi dalam WMS di Universitas Andalas. Mereka telah menulis dan menyunting setidaknya 184 artikel dan menunggah 141 foto. Semoga upaya ini dapat menarik masyarakat untuk ikut serta dalam misi Wikimedia Indonesia dalam membebaskan pengetahuan.

 


Oleh: Rahmat Irfan Denas

Sukarelawan pelatih program Wiki Masuk Sekolah

 

Sebelumnya

Semangat Berbagi Pengetahuan melalui Wikipedia dan Wikimedia Commons

Saat berselancar di internet, Wikipedia kerap menjadi referensi awal untuk menjelajah lebih jauh....

Berikutnya

Magang di Padang: Jalan Membebaskan Pengetahuan

Pada bulan Agustus 2019, Komunitas Wikimedia Padang menerima dua orang pemagang untuk membantu...