Bergotong Royong di Bulan Asia Wikipedia

Dalam rangka mewujudkan misinya untuk menjadi himpunan beragam ilmu pengetahuan (sum of all knowledge), Wikipedia tak pernah sepi dari proyek gotong royong para penyuntingnya. Mulai dari kontes foto, lokakarya penulisan, hingga lomba menyunting artikel. Gotong royong di tingkat lokal dan internasional selalu meramaikan Wikipedia dan proyek-proyek saudarinya. Bulan Asia Wikipedia atau Wikipedia Asian Month (WAM) adalah salah satu contohnya.

 

WAM adalah acara tahunan yang digelar oleh Wikipedia Asian Month User Group. Tujuan WAM sederhana, yaitu untuk menambah artikel-artikel tentang benua Asia secara umum dengan melibatkan kontributor Wikipedia dari seluruh dunia. Sejak tahun 2015, acara ini selalu digelar pada bulan November. Syarat untuk mengikuti acara ini amat mudah dan mencerminkan semangat gerakan Wikimedia yang terbuka dan inklusif. Peserta cukup menulis minimal empat artikel tentang Asia di Wikipedia untuk mendapatkan kartu pos dari negara Asia yang dipilih secara acak.

 

Komunitas Wikipedia Minangkabau telah menyelenggarakan WAM sejak tahun 2017. Pada edisi 2020, ada 6 kontributor yang berpartisipasi dan 29 artikel yang diterima. Kontributor dengan suntingan terbanyak mendapatkan status Duta Bulan Asia Wikipedia. Ini merupakan catatan yang menggembirakan karena tingkat partisipasi yang paling tinggi sejauh ini ada di Wikipedia Minangkabau. Di tengah pandemi COVID-19, WAM juga menyesuaikan penyelenggaraannya dengan menyediakan pilihan kartu pos elektronik atau fisik, mengingat hubungan surat-menyurat yang banyak terhambat di perbatasan negara-negara.

 

Pada tahun 2020 para peserta menulis topik yang beragam. Ada yang menulis tentang tokoh, bentang alam, bangunan bersejarah dan peraturan undang-undang. Keberagaman isi ini menjadi tambahan yang berharga bagi Wikipedia Minangkabau. Selain itu, dengan berpartisipasi di WAM, komunitas Wikipedia Minangkabau juga menunjukkan keaktifannya sebagai bagian dari komunitas Wikimedia yang sedang berkembang di wilayah Asia Timur, Asia Tenggara, dan Pasifik (East, Southeast Asia and Pacific. Dikenal dengan ESEAP).

 

Tantangan yang dihadapi para peserta bersifat unik dan berharga untuk perkembangan Wikipedia Minangkabau sendiri. Misalnya, bagaimana cara yang tepat untuk menerjemahkan catatan prestasi petinju Manny Pacquaio? Oleh karena bahasa Minangkabau seringkali tak punya jawaban untuk menerjemahkan hal-hal tersebut dengan tepat, para peserta menemukan dan menciptakan istilah-istilah baru yang lama-kelamaan menjadi standar baru dalam penulisan bahasa Minangkabau. 

 

Keberadaan WAM sebagai sarana untuk menemukan istilah baru ini sangat berharga. Selain itu, WAM bermanfaat sebagai wadah untuk mengembangkan proyek-proyek Wikipedia bahasa daerah di Indonesia. Semoga komunitas-komunitas yang sedang berkembang di Indonesia bisa terlibat di edisi WAM berikutnya.  

 

Sampai jumpa di WAM tahun depan!

 

Keterangan foto: Sarasehan bahasa Minangkabau, July 2015 oleh Rachmat04 dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.


Oleh: M. Ramzy Muliawan. Kontributor Wikipedia bahasa Indonesia dan Minangkabau. Aktif di proyek-proyek Wikimedia sejak tahun 2007.

 

Sebelumnya

Berkontribusi untuk Bahasa Nias: Sebuah Perenungan

Kegiatan menyunting di Wikipedia maupun di proyek Wikimedia lainnya adalah kegiatan rutin...

Berikutnya

WikiSejarah: “Membongkar” Arsip Lama untuk Pengembangan Konten

Wikimedia Indonesia telah merampungkan rangkaian kegiatan WikiSejarah. WikiSejarah adalah kegiatan...