Mengapa halaman tidak berubah setelah saya sunting?

Anda mungkin pernah mengalami, menyunting sebuah artikel Wikipedia dan menerbitkannya, tetapi sumbangan Anda tadi ternyata tidak muncul pada halaman artikel. Ada beberapa sebab mengapa sumbangan Anda tidak muncul dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Anda menyunting halaman yang dilindungi sistem validasi

Sebagian halaman di Wikipedia bahasa Indonesia dilindungi oleh sistem validasi. Sistem ini memungkinkan para editor dan peninjau untuk memeriksa lebih dahulu suntingan baru di Wikipedia. Mereka akan mengecek apakah artikel tersebut layak atau tidak untuk ditampilkan kepada publik.

Anda bukan editor atau peninjau

Ada beberapa jenis status pengguna di Wikipedia bahasa Indonesia. Apabila Anda adalah pengguna yang tidak berstatus editor atau peninjau maka ketika Anda menyunting halaman yang dilindungi sistem validasi, kemungkinan besar suntingan Anda tidak akan tampil atau suntingan Anda dianggap suntingan revisi tunda hingga seorang editor memvalidasinya.

Bagaimana saya mengatasi halaman yang menunggu divalidasi?

Menghubungi editor atau peninjau

Anda dapat menghubungi salah satu editor atau peninjau untuk menolong Anda memeriksa suntingan Anda. Editor atau peninjau tersebut akan memvalidasi suntingan Anda apakah layak atau tidak untuk ditampilkan ke publik. Daftar editor atau peninjau dapat Anda temukan melalui pranala berikut ini.

Nasihat: Jangan berkecil hati saat suntingan Anda dianggap tidak layak. Terus belajar menulis sesuai kaidah penulisan di Wikipedia. Semua kontributor di Wikipedia sedang berproses menjadi kontributor yang taat asas. Anda tidak sendiri.

Menjadi editor atau peninjau

Anda juga dapat mengajukan diri Anda sendiri sebagai editor untuk membantu memvalidasi halaman-halaman di Wikipedia. Pengajuan status editor dapat Anda sampaikan di sini

Beberapa syarat mengajukan diri sebagai editor di antaranya:

  1. Memiliki jumlah suntingan minimal 150 suntingan selama 3 bulan terakhir
  2. Minimal telah berkontribusi di 5 ruang nama yang berbeda selama 3 bulan terakhir
  3. Bersedia dikirimi surel oleh pengguna lain
  4. Memiliki halaman pengguna minimal sebesar 100 bita
  5. Tidak pernah diblokir selama 6 bulan terakhir atas alasan vandalisme
  6. Memiliki riwayat menangani suntingan-suntingan vandalisme
  7. Memiliki keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia