Wikistories: Cara Kekinian untuk Berbagi Pengetahuan di Wikipedia bahasa Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, cara pandang individu dalam mengakses internet mengalami perubahan yang cukup signifikan. Selain itu, sekitar 91% pengguna internet memilih konten visual dan interaktif dibandingkan dengan format teks semata yang mengakibatkan sekitar 65% individu di rentang usia muda hingga tua memilih untuk menjadi pembelajar secara visual. Untuk mewujudkan Strategi Gerakan Wikimedia 2030 yang salah satu poinnya adalah “pentingnya kesempatan bagi komunitas Wikimedia di seluruh dunia untuk membagikan pengetahuan secara luas dan merata”, kami membuat Wikistories.

Wikistories adalah alat untuk membuat cerita (stories) dengan menggunakan gambar dari Wikimedia Commons dan teks dari artikel Wikipedia yang dapat diakses melalui perangkat seluler. Untuk saat ini, Wikistories hanya tersedia di Wikipedia bahasa Indonesia. Tim Inuka dari Wikimedia Foundation melakukan kolaborasi dengan Wikimedia Indonesia untuk melakukan sosialisasi mengenai penggunaan Wikistories kepada kontributor proyek Wikimedia di Indonesia. Melalui sosialisasi ini, kami berharap minat kontributor di Indonesia dalam menggunakan Wikistories sebagai cara lain berbagi pengetahuan akan meningkat. Selain itu, tim Inuka terus melakukan penyempurnaan fitur Wikistories berdasarkan masukan dari komunitas Wikimedia di Indonesia.

Pengembangan konsep dan inisiasi Wikistories

Konsep awal Wikistories dibentuk berdasarkan keinginan untuk memudahkan kontributor dalam membagikan konten pengetahuan secara cepat melalui perangkat seluler mereka. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi tujuan kami dalam membuat Wikistories:

  • Menumbuhkan konten visual di proyek Wikimedia agar semakin banyak kontributor maupun pembaca yang mengakses pengetahuan pada era digital ini.
  • Membantu kontributor untuk membagikan pengetahuan yang dimiliki melalui konten visual.

Berdasarkan tujuan di atas, Wikimedia Foundation meresmikan Wikistories sebagai proyek uji coba pada Juli 2021. Untuk uji coba proyek, kami bekerja sama dengan komunitas Wikimedia yang memiliki kemampuan dalam memilih gambar, melakukan kontribusi melalui perangkat seluler, dan bersedia berkolaborasi dengan tim Inuka. Kolaborasi kami dengan Wikimedia Indonesia telah menghasilkan sebuah konsep, prototipe, dan minimum viable product (MVP). Selain itu, kami juga berkolaborasi dengan institusi GLAM di Indonesia untuk sosialisasi Wikistories.

Setelah melakukan pengembangan konsep awal Wikistories dan diskusi dengan beberapa individu dari komunitas Wikimedia di Indonesia, kami membuat prototipe untuk diteliti secara langsung. Melalui prototipe ini, kami melakukan penelitian kualitatif di Kenya, Nigeria, Afrika Selatan, dan Indonesia. Penelitian yang dilakukan di negara-negara Afrika berfokus pada pencarian kontributor yang berasal dari luar gerakan Wikimedia. Sementara itu, penelitian di Indonesia berfokus pada peserta yang sudah pernah berkontribusi di Wikipedia bahasa Indonesia maupun proyek Wikimedia lainnya.

Prototipe ini menguji perilaku pengguna dalam:

  • Menggunakan artikel Wikipedia untuk membuat cerita.
  • Memilih gambar dari Wikimedia Commons untuk membuat cerita.
  • Membuat cerita menggunakan alur yang dibuat secara otomatis.
  • Menggabungkan informasi dari artikel Wikipedia dan gambar dari Wikimedia Commons untuk membuat cerita.

Umpan balik dari penelitian ini membantu kami dalam menyempurnakan Wikistories sebagai medium berbagi pengetahuan.

Dari uji coba hingga peluncuran secara resmi

Setelah membuat prototipe, kami merancang sistem Wikistories yang dapat digunakan secara langsung melalui Wikimedia Beta Cluster. Pada acara WikiNusantara 2022, kami juga melakukan uji coba Wikistories secara langsung kepada peserta yang hadir di acara tersebut.

Dalam tahap ini, kami berusaha untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana kontributor menggunakan Wikistories dan apakah alur kerjanya sudah sesuai dengan kenyamanan kontributor itu sendiri. Hal ini dapat membantu kami dalam merancang Wikistories agar lebih layak untuk digunakan.

Setelah proses yang sangat panjang, pada tanggal 30 Juni 2022, Wikistories secara resmi diluncurkan di Wikipedia bahasa Indonesia. Selain itu, sosialisasi penggunaan Wikistories juga resmi dimulai bagi komunitas maupun instansi GLAM di Indonesia. Untuk saat ini, Wikistories hanya dapat diakses bagi pengguna yang memiliki akun dan mengaktifkan secara manual di sini (pilih opsi Wikistories).

Kami akan terus memantau dan mengevaluasi Wikistories berdasarkan masukan dari komunitas Wikimedia maupun institusi GLAM di Indonesia. Kami harapkan masukan Anda mengenai Wikistories melalui pranala berikut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Wikistories, silakan kunjungi halaman ini.


Artikel ditulis oleh Runa Bhattacharjee dan Uzoma Ozurumba. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Bonaventura Aditya Perdana dan disunting oleh Tim Komunikasi Wikimedia Indonesia.

Penulis