Melahirkan Wikipedia Madura

Tanggal 15 Desember 2020 ditandai dengan lahirnya Wikipedia Madura. Hal ini tentu menggembirakan. Setelah Wikipedia Bali lahir pada tahun 2019, Wikipedia bahasa daerah lain akhirnya ada yang “menetas” juga dari Incubator. Wikipedia Madura menjadi Wikipedia ke-13 yang bergabung dengan keluarga besar proyek-proyek Wikimedia dalam bahasa yang dipertuturkan di Indonesia.

 

Bermula dari iseng dan keprihatinan saat bekerja dari rumah

Pengembangan Wikipedia Madura ketika masih berada di Incubator dimulai pada bulan Mei 2020. Saat itu, pekerjaan dan kegiatan luring dihentikan sementara. Oleh karena itu, beberapa kontributor mulai mencari aktivitas yang bisa dilakukan di rumah.

 

Suatu hari salah satu kontributor iseng mencari “Wikipedia Madura” di kolom pencarian Twitter. Kontributor tersebut menemukan cuitan Ivan Lanin tertanggal 25 Desember 2018 yang menulis pranala-pranala Wikipedia berbahasa daerah di Indonesia. Sayangnya, kontributor ini tidak melihat Wikipedia Madura tercantum di cuitan itu. Hal ini ironis karena penutur bahasa Madura, menurut beberapa penelitian dan sensus, berada pada urutan ketiga atau keempat terbesar dari seluruh bahasa daerah di Indonesia, tetapi tidak ada Wikipedianya.

 

Merasa prihatin dan mengetahui Wikipedia Madura masih berada di Incubator, beberapa kontributor berusaha menetaskan Wikipedia yang sudah dirintis sejak 2006 ini. Akhirnya, mereka mencoba untuk mencari kontributor lain yang bisa diajak untuk berkontribusi. Pencarian kontributor dilakukan melalui publikasi di akun-akun media sosial Wikimedia Indonesia. Orang-orang yang tertarik kemudian dikumpulkan ke dalam grup WhatsApp.

 

Peran grup Wikipedia Madura

Sejak mengumpulkan orang-orang yang tertarik dengan Wikipedia Madura ke dalam grup WhatsApp, diskusi tentang pengembangan Wikipedia Madura semakin semarak. Diskusi mengenai peristilahan antarmuka, padanan kata, dan terjemahan dilakukan di dalam grup tersebut. Kegiatan Wikimedia Indonesia seperti WikiLatih pun ikut diinformasikan ke dalam grup.

 

Awalnya, grup WhatsApp ditujukan sebagai wadah koordinasi bagi kontributor baru. Namun, seiring berjalannya waktu, grup ini beralih fungsi. Fungsi grup pada akhirnya menjadi media berbagi pengetahuan bahasa Madura. Meski anggota grup tidak semuanya adalah kontributor, mereka turut menyumbang perspektif dan opini tentang peristilahan yang cukup mumpuni. Hal ini memperkaya diskusi karena dialek bahasa Madura itu majemuk. Setidaknya terdapat 4 dialek yang saling melengkapi untuk menambah terjemahan dan padanan kata.

 

Pembagian tugas kontributor

Selain adanya grup yang mewadahi diskusi jarak jauh secara daring, ada juga pembagian tugas untuk mengurus artikel-artikel yang dibuat. Kontributor yang berjumlah empat orang saling berbagi tugas. Tugas yang diemban oleh mereka antara lain membuat artikel baru dan melakukan uji baca (proofread).

 

Artikel baru yang dibuat setidaknya adalah artikel rintisan yang terdiri dari tiga kalimat, memiliki kategori, dan gambar apabila tersedia. Sementara itu, kontributor dengan tugas uji baca mengurus artikel-artikel yang sudah ada sebelumnya. Mereka memperbaiki ejaan di artikel tersebut agar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Madura yang Disempurnakan Edisi Revisi terbitan Balai Bahasa Jawa Timur pada 2012.

 

Pembagian tugas dirasa efektif karena selain bisa menambah artikel baru secara signifikan, kualitas dari artikel bisa dijaga. Hingga Desember 2020, ada 537 artikel dari yang semula hanya 126 artikel pada April 2020. Terjadi peningkatan 411 artikel sejak April 2020 hingga lahirnya Wikipedia Madura pada Desember 2020. Hitungan tersebut belum termasuk halaman-halaman lain seperti templat dan kategori.

 

Lahirnya Wikipedia Madura bukan akhir dari kontribusi penutur bahasa Madura. Ini merupakan langkah awal untuk mengakrabkan kembali bahasa Madura di ranah tulisan, terlebih meningkatkan visibilitas atau ketampakannya di internet. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan, baik dalam penerjemahan antarmuka maupun isi artikelnya. Kami sangat terbuka bagi siapa saja yang tertarik untuk bergabung menjadi kontributor Wikipedia Madura. Semakin banyak penutur bahasa Madura bergabung, semakin banyak pengetahuan berbahasa Madura yang bisa diakses secara bebas dan gratis.

 


Oleh: Boesenbergia, kontributor dan salah satu perintis Wikipedia Madura

Sebelumnya

Penyuntingan Berbayar (Paid Editing)

Lahir dari semangat volunterisme, gerakan Wikimedia tidak lepas dari permasalahan penyuntingan...

Berikutnya

Mengapa halaman tidak berubah setelah saya sunting?

Anda mungkin pernah mengalami, menyunting sebuah artikel Wikipedia dan menerbitkannya, tetapi...