Kabar Terbaru dari Hibah Strategi Gerakan

Pada saat ini, proses implementasi Strategi Gerakan Wikimedia (Movement Strategy) sudah mulai berlangsung dengan dukungan dari tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan (MSG) Yayasan Wikimedia. Salah satu program kunci untuk mendukung implementasi Strategi Gerakan adalah melalui distribusi dana hibah, yang saat ini berjalan melalui program Hibah Implementasi Strategi Gerakan (MSIG).

Kami telah melakukan beberapa perubahan pada program MSIG berdasarkan umpan balik yang diberikan oleh anggota komunitas dan hal-hal yang kami pelajari sepanjang proses undangan hibah pertama yang berakhir pada tanggal 31 Juli 2021. Dua perubahan utama adalah peningkatan batas atas dana hibah dan adanya daftar contoh gagasan dan permohonan hibah untuk mengakomodasi empat prakarsa yang diutamakan. Beberapa hal yang juga ingin kami bagikan terkait perubahan pada proses hibah MSIG ini antara lain:

Pentingnya informasi yang jelas

Untuk dapat mengakses hibah Strategi Gerakan, anggota komunitas Wikimedia perlu memahami prosesnya. Kami menyadari bahwa arus informasi yang jelas dan sederhana dapat membantu semua orang untuk turut menyumbang pada prakarsa strategi. Dari proses pembelajaran, kami mengetahui bahwa proses hibah sebelumnya tidak dikomunikasikan dengan baik. Misalnya, informasi mengenai bentuk permohonan dan bagaimana cara mengajukan permohonan belum begitu jelas. Hal ini membuat permohonan hibah memakan waktu yang lama dan memerlukan kerja keras dari para pembuatnya. Selain itu, banyak permohonan hibah yang pada akhirnya tidak didanai. Beberapa masukan yang kami dapat mengenai perbaikan informasi terkait hibah adalah memberikan kejelasan mengenai gagasan apa yang dapat didanai dan contoh permohonan hibah yang disetujui untuk didanai.

Perbincangan dan interaksi terus-menerus

Hubungan antara Yayasan Wikimedia dengan komunitas adalah sesuatu yang amat penting. Hubungan yang baik akan mempermudah anggota komunitas untuk membuat permohonan yang kuat dengan gagasan yang diterangkan secara jelas. Hubungan ini dapat berupa perbincangan, berbagi umpan balik, atau kerja sama dalam menggodok suatu gagasan. Hal ini merupakan sesuatu yang penting untuk memastikan para anggota komunitas memiliki dukungan yang cukup dalam mengakses hibah MSIG. Kami menyadari bahwa permohonan hibah yang baik tidak selalu dimulai dengan sempurna. Beberapa masukan yang kami terima mengenai hal ini adalah untuk lebih banyak membina hubungan dengan komunitas, menyediakan kesempatan untuk berbincang, serta memberikan umpan balik mengenai suatu permohonan hibah sebelum mengambil keputusan akhir.

Perlunya batas atas pendanaan yang fleksibel

Menaikkan batas atas dana hibah memberi peluang untuk menciptakan lebih banyak permohonan hibah yang sebelumnya terbatas. Batas atas yang rendah menimbulkan beberapa masalah pada rencana kerja sama antar komunitas atau organisasi mitra, yang memiliki kebutuhan lebih besar. Misalnya, proyek-proyek implementasi Strategi Gerakan sering kali membutuhkan kerja sama antar komunitas, peneliti, dan konsultan eksternal. Hal ini tidak dapat diwujudkan dengan batas atas US$2.000 (sekitar Rp28 juta). Kami telah menaikkan batas atas menjadi US$25.000 (sekitar Rp350 juta) agar dapat mengakomodasi lebih banyak gagasan dari komunitas.

Bagaimana Anda dapat turut serta?

Jika Anda memiliki gagasan mengenai implementasi Strategi Gerakan, kami dapat mendukung permohonan hibah Anda. Anda dapat bergabung dengan kelompok Community of Practice di Telegram. Kami juga dapat menghubungkan Anda dengan orang atau komunitas lain yang memiliki gagasan yang serupa atau mendukung Anda dalam mengadakan perbincangan untuk menyempurnakan gagasan Anda.

Kami mengundang Anda untuk turut serta dan mengajukan permohonan hibah MSIG. Berikut ini adalah beberapa permohonan hibah MSIG yang sukses didanai sebagai sumber rujukan Anda:

Jika Anda punya pertanyaan, silakan hubungi tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan.


Keterangan gambar: Hygrocybe sp oleh Aporia.j dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.

Naskah asli ditulis oleh Yop Rwang Pam dan Quim Gil. Yop Rwang Pam adalah Spesialis Implementasi Startegi Gerakan WMF. Quim Gil adalah Direktur Strategi dan Tata Kelola Gerakan WMF. Naskah ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Ramzy Muliawan.

Penulis

  • Kontributor Wikipedia bahasa Indonesia dan Minangkabau. Saat ini menjadi fasilitator Strategi dan Tata Kelola Gerakan WMF untuk komunitas Indonesia dan ESEAP.