Mengenal Minangkabau di awal era 1900-an melalui Digitalisasi Majalah PDIKM

Selain melalui buku, majalah juga bisa bercerita banyak tentang peristiwa pada sebuah masa. Salah satunya adalah majalah pada awal tahun 1900-an yang ada di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Sumatra Barat. Di sini terdapat beberapa koleksi majalah terbitan Kota Padang, Kota Padangpanjang dan Bukittinggi. Selain itu, tersedia pula buku kuno dengan bahasa Minangkabau, bahasa Melayu dengan aksara jawi dan romawi, bahasa Belanda serta bahasa Inggris. Sekitar 2000 koleksi buku dan majalah ada di tempat ini.

 

Sejak 2018 Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan PDIKM untuk mendigitalisasi koleksinya. Untuk saat ini, kami fokus mendigitalisasi koleksi majalah. Nantinya, akan dilanjutkan untuk buku dan foto. Beberapa majalah yang telah selesai dipindai seperti Majalah Aboean Goeroe-Goeroe‎, Annoer Boeat Amal‎, Asjraq, Berita Adat‎, dan Berita Kota Gedang‎ sudah tersedia secara gratis di Wikimedia Commons. Ada juga majalah lainnya, seperti “Pemimpin Nagari” yang diterbitkan oleh pemerintah daerah. Lalu, ada majalah yang terbit mewakili kampung halaman, contohnya “Berita Koerai” dan “Soeara Kota Gedang”. Untuk agama Islam ada majalah “Al-Mizan” dan “Al-Moenir”. 

 

Keberadaan majalah tersebut memberikan gambaran bahwa pers di Minangkabau cukup maju di awal tahun 1990-an. Menurut Medi Rosdian dari Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang yang mengelola PDIKM, majalah yang ada pada waktu itu sudah bervariasi dan tersegmentasi. Dengan terbukanya koleksi PDIKM, pihaknya berharap koleksi tersebut bisa menjadi bahan penelitian mahasiswa dan juga masyarakat yang tertarik dengan sejarah.

 

Saat ini digitalisasi sangat perlu dilakukan, terutama untuk Galeri, Perpustakaan, Arsip dan Museum (GLAM) karena institusi tersebut adalah sumber pengetahuan yang alaminya adalah menyebarkan pengetahuan bukan menyimpannya. Digitalisasi juga cara untuk menyelamatkan koleksi dari gempa, banjir, dan kebakaran. Wikimedia Indonesia dengan proyek GLAM terbuka dengan siapa saja untuk berkolaborasi dalam mendigitalisasi koleksi. Silakan hubungi kami melalui info@wikimedia.or.id

Sebelumnya

WikiNusantara, Konferensi Nasional Perdana untuk Komunitas Wiki Terselenggara dengan Sukses

Setelah berhasil mengadakan konferensi tingkat regional East Asia, Southeast Asia, and Pacific...

Berikutnya

Kontes Adaptasi Karya: Kita Berkarya, Kita Merdeka

Deskripsi Lomba Kontes Adaptasi Karya: Kita Berkarya, Kita Merdeka merupakan kegiatan kolaboratif...