Membebaskan Pengetahuan di Sekolah melalui Wikipédia Menyang Sekolah

Penulis: Nur Rahmi Nailah

 

Setelah sukses dengan pelatihan penyuntingan di Wikipedia “WikiLatih,” Wikimedia Indonesia kembali menginisiasi program pelatihan penyuntingan di Wikipedia dengan format yang berbeda dari WikiLatih, yaitu Wikipédia Menyang Sekolah (WMS). Wikipédia Menyang Sekolah dalam bahasa Indonesia berarti Wikipedia ke Sekolah. Program ini bekerja sama dengan beberapa instansi pendidikan di Yogyakarta, Surakarta, Semarang dan sekitarnya dengan mengintegrasikan pelatihan penyuntingan di Wikipédia Jawa dan kurikulum atau mata kuliah dari instansi-instansi pendidikan yang dituju.

 

Di tahun 2018-2019, WMS diselenggarakan di tiga instansi pendidikan, yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Penyelenggaraan WMS ini melibatkan sukarelawan-sukarelawan Wikimedia Indonesia terutama sukarelawan dari Komunitas Wikipédia Jawa, di bawah pengarahan Koordinator Proyek Wikipédia Menyang Sekolah.

 

Sukarelawan memulai pelatihan penyuntingan yang dijadwalkan seminggu sekali, selama lima kali pertemuan di tiap instansi. Pelatihan penyuntingan ini dilaksanakan di jam mata kuliah yang sudah disepakati bersama. Semester I WMS berjalan dari bulan Juli 2018-Januari 2019 dan diselenggarakan di Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni, UNY. Lalu, Semester II WMS berjalan dari bulan Februari 2019-Juni 2019 yang diselenggarakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNS serta di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni, UPGRIS. 

 

Selama program WMS berlangsung, peserta pelatihan tidak hanya dilatih cara menyunting di Wikipedia (terutama Wikipédia Jawa), tetapi juga belajar bahasa Jawa. Peserta pelatihan terlihat antusias karena mereka merasa ini adalah hal baru sehingga membuat perkuliahan menjadi lebih asyik. Selain itu, peserta pelatihan di tiap instansi diberi tugas yang akan dinilai oleh panitia WMS dan dosen pengampu mata kuliah. Tugas tersebut adalah menulis beberapa artikel dengan sumber referensi yang terpercaya di Wikipédia Jawa. Artikel yang ditulis oleh para peserta di Wikipédia Jawa tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga bagi khalayak karena artikel tersebut bisa diakses, dibaca, dan diperbaiki oleh siapa saja.

 

Sebanyak 241 artikel telah dibuat dan 125 mahasiswa telah terlibat sebagai peserta pelatihan selama program WMS berlangsung. Wikimedia Indonesia berharap akan lebih banyak lagi instansi-instansi pendidikan yang berminat untuk menyelenggarakan program WMS ini. Apabila tertarik untuk menyelenggarakan WMS, silakan hubungi info@wikimedia.or.id.

 

Sebelumnya

Kebijakan Ruang Ramah Acara

Kebijakan ruang ramah acara adalah panduan pertemuan komunitas Wikimedia untuk mendorong...

Berikutnya

Asyiknya Magang bersama Wikimedia Indonesia

Penulis: Nur Rahmi Nailah   Wikimedia Indonesia memberikan kesempatan kepada...