WikiSanganan: Langkah Kecil Pengenalan Jajanan Tradisional Khas Pulau Dewata

Bali tidak hanya kaya akan budaya dan keindahan panoramanya, tetapi juga kaya dengan jajanan tradisional yang khas. Jajanan tradisional tersebut tersebar di sembilan kabupaten dan kota yang ada di Bali. Persebaran ini menyebabkan keberagaman dari segi jenis dan cita rasa jajanan tradisional yang dimiliki oleh Pulau Dewata. Jajanan tradisional ini akan menjadi hal yang wajib untuk dicoba dan dijadikan oleh-oleh yang istimewa.

 

Keberagaman jajanan tradisional Bali menjadi hal yang menarik untuk dibahas mengingat wawasan generasi muda Bali terhadap jajanan tradisionalnya perlahan-lahan mulai berkurang. 

 

Apabila kita melihat lebih jauh ke dalam praktik keagamaan di Bali, pada hari-hari tertentu masyarakat Bali membuat banten (sesajen). Banten biasanya berisi canang, buah-buahan dan jajanan yang ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Namun, seiring dengan waktu, terjadi komodifikasi dari segi komposisi banten yang dibuat. Di beberapa daerah di Bali, banten yang dulunya berisi jajanan tradisional seperti jaja begina, jaja uli, dan kucur sekarang digantikan dengan jajanan kemasan yang lebih diminati oleh anak-anak. Hal tersebut tentunya berimbas pada berkurangnya wawasan generasi muda Bali akan keberadaan dan keberagaman jajanan tradisionalnya. Tidak sedikit dari mereka yang tidak mengetahui nama-nama jajanan tradisionalnya sendiri.

 

Karena itu, sukarelawan Wikipedia bahasa Bali yang tergabung dalam Komunitas Wikimedia Denpasar berupaya mengenalkan kembali nama-nama jajanan tradisional Bali melalui program hibah yang diselenggarakan oleh Wikimedia Indonesia. Komunitas Wikimedia Denpasar melakukan langkah kecil sebagai “pengingat” jenis jajanan tradisional khas Bali kepada masyarakat. Dari bulan November 2019 hingga Maret 2020, Komunitas Wikimedia Denpasar telah mempersiapkan dan melaksanakan program hibah komunitas bertajuk WikiSanganan, yakni kegiatan mendokumentasikan jajanan tradisional khas Bali. 

 

Dokumentasi terhadap jajanan tradisional khas Bali tersebut berbentuk gambar yang diambil dari sudut yang berbeda-beda. Alhasil, sebanyak 50 jenis jajanan tradisional Bali telah didokumentasikan. Setelah melewati proses penyortiran, terdapat 102 berkas objek gambar yang dihasilkan. Berkas-berkas gambar tersebut kemudian diunggah ke Wikimedia Commons agar dapat digunakan dalam semua proyek Wikimedia dan juga oleh masyarakat luas. Setelah diunggah, pelaksanaan hibah selanjutnya yaitu pembuatan artikel setiap jajanan tradisional khas Bali yang telah didokumentasikan oleh penanggung jawab dan seluruh anggota hibah. Terakhir, 50 gambar yang diperoleh kemudian ditambahkan ke 50 artikel terkait yang baru dibuat tersebut. 

 

Wikipedia bahasa Bali adalah salah satu alternatif pelestarian bahasa Bali. Kegiatan WikiSanganan ini adalah salah satu kegiatan yang sudah dikerjakan oleh Komunitas Wikimedia Denpasar. Pada masa mendatang, akan ada proyek-proyek menarik lainnya yang tidak sabar untuk kami kerjakan bersama. Kami menyadari bahwa dalam setiap kegiatan masih banyak kekurangan yang kami lakukan, tetapi kami sangat yakin semua ini bisa terselenggara dengan kerjasama dan motivasi yang sama untuk melestarikan bahasa Bali tercinta.

 

Keterangan foto: Uli Side View oleh Joseagush dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.


Oleh: Anggabuana, sukarelawan Wikipedia bahasa Bali

Sebelumnya

WikiCite: Inisiatif untuk Mengembangkan Pengetahuan Terbuka

Di bulan Oktober 2020, Wikimedia Foundation mengumumkan penerima hibah WikiCite, sebuah inisiatif...

Berikutnya

Berdonasi melalui WikiSosial

Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak bagi kesehatan, tetapi juga bagi kehidupan sosial dan...