Pencapaian Satu Warsa Komunitas Wikimedia Denpasar

Tanggal 14 Oktober 2020 merupakan hari peringatan satu tahun lahirnya Wikipedia Bali sekaligus Komunitas Wikimedia Denpasar. Kedua pencapaian tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilalui oleh para sukarelawan di Denpasar dalam menghidupkan keduanya hingga kini. Sebagai komunitas, para sukarelawan memiliki fokus menulis dan mengisi konten dalam bahasa Bali ke dalam proyek-proyek Wikimedia. Sayangnya, konten tersebut tidak mudah untuk ditekuni oleh banyak pihak. Terbukti, komunitas sangat kesulitan untuk mendapatkan sukarelawan baru untuk bergabung.

 

Keterbatasan sukarelawan ternyata tidak menjadi halangan bagi anggota sukarelawan yang sudah ada untuk menyebarkan pengetahuan. Sejak program WikiLatih Bali pertama, beberapa sukarelawan berhasil berkumpul kembali dalam kopi darat pada tanggal 20 April 2019. Saat itu ada 7 orang yang hadir. Perjalanan para sukarelawan di Denpasar masih berlanjut dengan pelaksanaan WikiLatih Bali kedua dan ketiga. Melihat potensi dari sukarelawan di Denpasar, pada bulan Agustus 2019, mereka diundang ke Jakarta untuk mengikuti WikiPelatih atau pelatihan bagi pelatih.

 

Hingga kini, komunitas telah didukung oleh satu mitra yakni Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar terkait program WikiLatih. Pelatihan terlaksana sebanyak dua kali dengan menulis artikel ke dalam Wikipedia Bali sekaligus memperkenalkan Komunitas Wikimedia Denpasar.

 

Selain mengisi pelatihan di Pulau Dewata, anggota komunitas juga menjajaki wilayah Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram untuk melaksanakan WikiLatih di Wikipedia bahasa Indonesia. Upaya tersebut awalnya diharapkan mampu menemukan bibit-bibit sukarelawan di Pulau Lombok. Sayangnya, hingga kini belum ada sukarelawan yang didapat dari kegiatan tersebut.

 

Setelah mengadakan tujuh kali pelatihan, komunitas juga lolos dalam hibah program Wikimedia Indonesia untuk melaksanakan program WikiSanganan dari bulan November 2019 hingga Maret 2020. Hasil dari program tersebut berupa foto dan artikel 50 jajanan khas Bali. Anggota komunitas juga dilatih tentang Wikidata dan Wikisource bahasa Indonesia pada tanggal 9 Februari 2020 yang dimentori oleh Wikimedia Indonesia. Selain pelatihan tersebut, anggota komunitas juga mendampingi staf Wikimedia Indonesia yang mencoba menjajaki kerja sama dengan beberapa museum lukisan di Kabupaten Gianyar.

 

Pandemi sejak Maret 2020 juga berdampak bagi komunitas. Berbagai kegiatan komunitas harus berubah dan hanya bisa dilakukan secara daring. Bahkan, malam keakraban komunitas WikiNglesir harus ditunda. Padahal, acara tersebut berpeluang menjaring sukarelawan baru untuk Komunitas Wikimedia Denpasar.

 

Kabar gembira justru muncul bertepatan dengan perayaan satu warsa Wikipedia Bali. Dua sukarelawan baru bergabung ke komunitas. Hadirnya dua anggota baru tersebut diharapkan menjadikan Komunitas Wikimedia Denpasar semakin berkembang dan makin aktif dalam berbagai proyek-proyek Wikimedia. Wikipedia Bali juga diharapkan terus berkembang sebagai salah satu upaya pelestarian bahasa Bali.

 

Keterangan foto: Semeton Wikipedia Basa Bali oleh Joseagush dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.


Oleh: Ima, anggota Komunitas Wikimedia Denpasar

Sebelumnya

Berdonasi melalui WikiSosial

Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak bagi kesehatan, tetapi juga bagi kehidupan sosial dan...

Berikutnya

Permasalahan di Wikipedia: Sebuah Pandangan

Artikel di Wikipedia bahasa Indonesia telah mencapai lebih dari 550 ribu. Jumlah tersebut tidak...