Permasalahan di Wikipedia: Sebuah Pandangan

Artikel di Wikipedia bahasa Indonesia telah mencapai lebih dari 550 ribu. Jumlah tersebut tidak termasuk artikel di 11 Wikipedia bahasa daerah (Jawa, Banyumasan, Melayu, Minangkabau, Sunda, Banjar, Bugis, Aceh, Tetun, Gorontalo, dan Bali). Sebagai perbandingan, Wikipedia bahasa Serbia dengan jumlah penutur hanya 12 juta memiliki 640 ribu artikel atau Wikipedia bahasa Katala yang jumlah penuturnya hanya 4 juta memiliki 660 ribu artikel Wikipedia. 

 

Melihat prestasi tersebut, ada yang menjadi tanda tanya bagi saya. Mengapa artikel Wikipedia dalam bahasa asing yang jumlah penuturnya lebih sedikit dari penutur bahasa Indonesia atau penutur bahasa daerah memiliki jumlah artikel yang lebih banyak. 

 

Apa masalah utama komunitas Wikipedia di Indonesia saat ini?

Banyak suntingan-suntingan yang merusak artikel di Wikipedia. Sebagian artikel menjadi dilindungi atau dibatasi akses penyuntingannya seperti Wikipedia bahasa Indonesia yang mengaktifkan fitur validasi artikel. Munculnya tagar pemboikotan Wikipedia beberapa waktu lalu juga ikut memperparah keadaan. Informasi pribadi beberapa kontributor muncul ke publik sehingga muncul rasa takut untuk berkontribusi di Wikipedia.

 

Selain itu, di tengah jumlah kontributor berkualitas di Wikipedia bahasa Indonesia yang sedikit, perseteruan antar kontributor kadang terjadi. Beberapa kontributor mungkin tidak sadar bahwa konten yang dibuatnya bias atau tidak netral.

 

Melihat kondisi ini, saya pun sempat berpindah hati dengan berkontribusi di Wikipedia bahasa Inggris. Namun, seiring waktu, saya sadar akan perlunya berkontribusi untuk masyarakat kita. Kesadaran ini membuat saya memutuskan untuk berkontribusi di Wikipedia bahasa Bali yang merupakan bahasa ibu saya. Meski demikian, saya tetap berkontribusi di Wikipedia bahasa Indonesia. 

 

Wikipedia bahasa Bali pun memiliki masalahnya sendiri. Setelah beberapa WikiLatih bahasa Bali diadakan, hanya beberapa peserta saja yang bertahan menjadi kontributor reguler. Meski demikian, Wikipedia bahasa Bali justru banyak dikunjungi. Pengakses terbesarnya bahkan dari luar Indonesia.

 

Di samping keterbatasan tersebut, saya menemukan rasa tenang dan kekeluargaan dalam Wikipedia bahasa Bali. Berkontribusi di dalamnya menjadi obat rindu saya pada kampung halaman. Saya berharap suatu saat nanti Wikipedia bahasa daerah dapat menjadi media pembelajaran untuk generasi mendatang serta menjadi jembatan pemersatu bangsa.

 

Keterangan foto: Introducing Ganesha project competition and WikiLatih at Goethe-Institut Indonesien 12 oleh Rachmat04 dilisensikan dengan CC BY-SA 3.0 Unported.


Oleh: Chinamoonroll, kontributor Wikipedia bahasa Bali.

Per November 2020, Chinamoonrol telah membuat 377 artikel dan 677 halaman dengan lebih dari 4.150 suntingan.

Sebelumnya

Pencapaian Satu Warsa Komunitas Wikimedia Denpasar

Tanggal 14 Oktober 2020 merupakan hari peringatan satu tahun lahirnya Wikipedia Bali sekaligus...

Berikutnya

Wiki Masyarakat Adat: Menyusun Data Peraturan Tentang Masyarakat Hukum Adat dalam Proyek Wikimedia

Berdasarkan sensus Badan Pusat Statistika pada tahun 2010, Indonesia memiliki 1.340 suku bangsa....