WikiNyamleng: Eksplorasi Kekayaan Kuliner Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai macam makanan tradisional. Gambar-gambar makanan tradisional sering kita jumpai di berbagai situs internet. Namun, gambar-gambar tersebut memiliki hak cipta sehingga penggunaannya terbatas dan tidak dapat diterapkan pada halaman Wikipedia yang mengharuskan gambar berlisensi Creative Commons (CC BY-SA). Karena sulitnya menemukan gambar semacam itu, penyunting Wikipedia akan kesulitan memvisualisasikan wujud makanan. Halaman Wikipedia juga menjadi kurang menarik tanpa adanya gambar. Oleh karena itu, kegiatan WikiNyamleng yang merupakan upaya pendokumentasian kuliner Jawa diadakan. 

 

Sebagai langkah awal, kegiatan ini dilakukan dengan mengambil gambar makanan-makanan tradisional di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada jajanan pasar, makanan berat dan aneka kudapan yang disuguhkan pada saat perayaan. Makanan-makanan tersebut dipotret menggunakan kamera dengan pengambilan pada 3 sisi, yaitu dari depan, samping dan atas. Gambar tersebut kemudian diseleksi dan disunting.

 

Ada 47 jenis makanan dan 150 gambar yang dihasilkan dari kegiatan ini. Sebelum diunggah, setiap foto diberikan data penunjang, misalnya deskripsi, takarir, dan penanda agar memenuhi persyaratan pengunggahan dalam Wikimedia Commons. Deskripsi pada setiap foto menggunakan bahasa Inggris sehingga informasi tentang makanan tradisional dapat dibaca oleh pengguna mancanegara. Foto-foto yang diambil pada kegiatan ini diunggah di Wikimedia Commons menggunakan lisensi CC BY-SA-4.0. Foto tersebut dapat digunakan dan digubah oleh siapa saja tanpa perlu izin, tetapi tetap mencantumkan atribusi kepada pemilik foto. Beberapa foto yang telah diunggah telah diaplikasikan ke beberapa halaman Wikipedia agar menarik minat pembaca. 

 

Dengan adanya kegiatan WikiNyamleng, kuliner dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dapat dikenal lebih luas baik dalam skala nasional maupun internasional. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan kekayaan budaya dan pariwisata Indonesia. 

 

Keterangan foto: Sajian berselera WikiNyamleng oleh Gunarta (WMID) dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.


Oleh: Danang Tri Hartanto, sukarelawan Komunitas Wikimedia di Yogyakarta

 

Sebelumnya

Tantangan Mengembangkan Bahasa Nias dalam Proyek Wikimedia (bagian 2)

Tantangan pertama: Kemampuan berbahasa Nias Kemampuan menguasai cara penulisan di proyek Wikimedia...

Berikutnya

Wikipedia Bahasa Minangkabau: Membangun Literasi “Nan Badunsanak”

Wikipedia ternyata memiliki artikel-artikel berbahasa Minangkabau. Hal ini baru saya sadari di...