Bulan Wiki Perempuan: Proyek Kontribusi untuk Perempuan

Bulan Wiki Perempuan adalah rangkaian kegiatan kontribusi di proyek-proyek Wikimedia mengenai topik perempuan. Wikipedia, Wikidata dan Wikimedia Commons telah menjadi sumber informasi yang bebas diakses masyarakat. Namun, konten mengenai perempuan masih sedikit karena jumlah kontributor perempuan di proyek-proyek tersebut juga minim. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Wikimedia Foundation pada tahun 2018, hanya ada 9% kontributor perempuan di Wikipedia.

 

Bulan Wiki Perempuan hadir untuk memperbaiki ketimpangan tersebut sehingga proyek-proyek Wikimedia tetap menjadi sumber informasi yang inklusif. Bulan Wiki Perempuan yang diadakan pada Maret 2021 secara daring adalah kolaborasi antara Wikimedia Indonesia, Kedutaan Besar Swedia di Jakarta, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

 

Acara dibuka pada tanggal 1 Maret 2021 dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Wikimedia Indonesia. Pada acara pembukaan, turut hadir Fachria Marasabessy (Dewan Pengawas Wikimedia Indonesia), Marina Berg (Duta Besar Swedia untuk Indonesia) dan Vincent Piket (Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia). Ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan selama bulan Maret 2021, yaitu WikiGap, Webinar Wikipedia, Temu Daring, Kelas Wikidata dan Datathon serta EUforia Wiki4Women. 

 

Kegiatan pertama adalah WikiGap yang membawa misi untuk mengurangi kesenjangan gender di internet. WikiGap diselenggarakan bersama Kedutaan Besar Swedia di Jakarta. WikiGap dikemas dalam bentuk pelatihan penyuntingan di Wikipedia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas artikel bertopik perempuan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam 2 gelombang dan diikuti oleh 45 peserta dengan 97 artikel yang berhasil disunting. Enam pemenang dengan artikel terbaik diumumkan pada saat gelar wicara sekaligus penutupan WikiGap bertajuk “Gender, Jurnalisme dan Internet” yang disiarkan secara langsung melalui Instagram Wikimedia Indonesia.

 

Kegiatan pelatihan penyuntingan di Wikipedia juga dikemas dalam bentuk webinar yang bertajuk Webinar Wikipedia. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 300 guru ini adalah kolaborasi antara Wikimedia Indonesia dan PGRI.

 

Selain WikiGap dan Webinar Wikipedia, Temu Daring juga termasuk dalam rangkaian kegiatan Bulan Wiki Perempuan. Kegiatan ini mewadahi para kontributor untuk menyunting artikel bersama-sama. Penyuntingan berfokus pada artikel-artikel bertopik perempuan di Wikipedia bahasa Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 kontributor Wikipedia.

 

Bulan Wiki Perempuan juga memfasilitasi para peserta untuk mengenal Wikidata melalui Kelas Wikidata dan Datathon. Kelas Wikidata adalah kegiatan pelatihan penyuntingan di Wikidata. Peserta diajarkan mengenai dasar-dasar data, data terbuka dan struktur data di Wikidata. Peserta juga diajarkan cara menyunting dan menambahkan informasi pada data-data tokoh perempuan. Sebanyak 20 peserta terlibat dan berhasil menyunting 30 butir di Wikidata.

 

Sementara itu, Datathon adalah kompetisi menyunting butir-butir di Wikidata. Penyuntingan butir data dilakukan secara maraton selama sembilan hari, dari 15–24 Maret 2021. Peserta berkompetisi untuk menyunting butir-butir data tokoh perempuan dari Asia Tenggara dan Swedia sebanyak-banyaknya. Melalui kegiatan ini, ada total 995 butir baru dan lama yang sudah disunting dan lolos penilaian oleh panitia.

 

Kemudian, EUforia Wiki4Women adalah kompetisi infografis dengan topik perempuan di Wikimedia Commons. Kompetisi ini adalah kerja sama antara Wikimedia Indonesia dan Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia. Pada kompetisi ini, peserta bebas mengangkat topik mengenai isu-isu perempuan di Indonesia maupun dunia. Ada 81 infografis yang diunggah di Wikimedia Commons. Pemenang akan diumumkan pada akhir April 2021.

 


Oleh: Dian Agustin, Pemagang Pendidikan Wikimedia Indonesia

Sebelumnya

WikiPustaka: “Nyastra Digital” untuk Dipelajari Bersama

Komunitas Wikimedia Denpasar telah mengembangkan WikiPustaka atau Wikisource bahasa Bali pada tahun...

Berikutnya

WikiGap: Inisiatif untuk Membuat Internet Lebih Setara Gender

Hari Perempuan Internasional menjadi ajang untuk membawa kembali isu-isu perempuan ke permukaan. Di...