Sukarelawan-Sukarelawan Pilihan 2020: Penghargaan Sukarelawan!

Sukarelawan adalah fondasi bagi pertumbuhan Wikipedia dan berbagai proyek seinang seperti Wikimedia Commons, Wikidata, dan Wikisource yang dinaungi oleh Wikimedia Foundation. Wikimedia Indonesia, sebagai mitra Wikimedia Foundation untuk wilayah Indonesia, bertujuan membangun komunitas sukarelawan di Indonesia dan terus memupuk semangat mereka dalam berbagi pengetahuan. 

Untuk menjaga semangat sukarelawan, digelarlah Penghargaan Sukarelawan Wikimedia yang mengapresiasi sumbangsih mereka selama satu tahun terakhir. Pada tahun 2021, gelaran pertama diadakan dengan nama Penghargaan Sukarelawan Wikimedia 2020 guna mendapatkan sukarelawan-sukarelawan unggulan pada tahun 2020 yang telah usai. Terdapat empat kategori penghargaan, yaitu: (1) Terkreatif, (2) Teramah, (3) Tertanggap, dan (4) Umum. 

Kategori Terkreatif diberikan kepada sukarelawan yang sangat kreatif membuat konten-konten berkualitas dan bermanfaat bagi proyek-proyek Wikimedia. Kategori Teramah untuk sukarelawan yang menjunjung tinggi itikad baik dalam berdiskusi terkait proyek-proyek Wikimedia. Kategori Tertanggap untuk sukarelawan yang sigap membantu sukarelawan lain yang kesulitan dengan proyek-proyek Wikimedia. Kategori Umum untuk sukarelawan paling ideal dalam misi membebaskan pengetahuan.

Dari Januari hingga April 2021, Wikimedia Indonesia membuka formulir kepada seluruh sukarelawan agar mereka mengusulkan nama-nama sukarelawan yang berhak menerima penghargaan. Setelah itu, nama-nama dengan jumlah pengusul tiga terbanyak diseleksi kembali oleh Wikimedia Indonesia berdasarkan kriteria: (1) tidak ada yang menerima penghargaan ganda; (2) bukan staf, kontraktor, atau konsultan Wikimedia; dan (3) rekam jejak dalam aktivitas daring dan luring satu tahun terakhir. 

Setelah semua proses di atas selesai, didapatkanlah sukarelawan-sukarelawan pilihan berikut ini.

  • Kategori Terkreatif jatuh kepada Sahmu Hidayat yang membuat banyak konten grafis menarik untuk media sosial Wikipedia Jawa sehingga banyak orang menjadi mengenal Wikipedia Jawa.
  • Kategori Teramah jatuh kepada HaEr48 yang terlibat dalam banyak pengambilan keputusan di Wikipedia bahasa Indonesia, khususnya tentang artikel pilihan, dengan tetap mengedepankan diskusi yang sehat.
  • Kategori Tertanggap jatuh kepada Medelam yang sigap dan responsif sebagai pengurus di Wikipedia bahasa Indonesia dalam mengidentifikasi dan menangani berbagai masalah di Wikipedia bahasa Indonesia. 
  • Kategori Umum jatuh kepada Slaia yang berhasil melahirkan Wikipedia dan Wiktionary bahasa Nias sekaligus serta mampu memanfaatkan jejaringnya untuk menumbuhkan komunitas Nias, juga mampu memahami hal-hal teknis MediaWiki dengan cepat dan baik tanpa terhalangi usianya.

Kami mengucapkan selamat bagi sukarelawan-sukarelawan pilihan 2020! Semoga bakti kalian menjiwai sukarelawan-sukarelawan di seantero negeri ini dalam berderma pengetahuan.