Carma Citrawati: Penghargaan Sukarelawan Wikimedia 2021 Pendatang Baru Terbaik

Foto Carma Citrawati dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0

Tujuh penerima Penghargaan Sukarelawan Wikimedia tahun ini telah diumumkan pada 15 Agustus 2021 malam dalam acara Wikimania daring. Baca hasil wawancara di bawah ini dengan Carma Citrawati, penerima Penghargaan Sukarelawan Pendatang Baru Terbaik yang berasal dari Indonesia.

Carma Citrawati adalah seorang penulis dan aktivis sastra Bali. Ia bergabung dengan Wikimedia pada 2019 untuk membantu Komunitas Bahasa Bali mengembangkan WikiPustaka (Wikisource dalam bahasa Bali) yang bertujuan untuk membangun perpustakaan dari sumber-sumber berbahasa Bali. Carma mempelopori upaya digitalisasi dan penerjemahan tulisan pada lontar-lontar kuno berbahasa Bali. Ia juga merupakan penyelenggara Komunitas Wikimedia Denpasar dan aktif berpartisipasi dalam pertemuan-pertemuan komunitas.

Bagi saya, Wikimedia adalah rumah untuk berbagi dan saling melengkapi satu sama lain.

Selain itu, Carma menulis cerita pendek dan puisi dalam bahasa Bali. Bukunya yang berjudul Kutang Sayang Gemel Madui menerima Penghargaan Sastra Rancage.

Sebuah inisiatif dimulai pada 2021Penghargaan Sukarelawan Wikimedia Pendatang Baru Terbaikuntuk memberikan penghargaan atas kontribusi sukarelawan yang luar biasa yang bergabung dengan gerakan ini dalam satu hingga dua tahun terakhir dan telah memberikan kontribusi yang signifikan.

Video Kejutan dari Jimmy Wales

Penghargaan ini adalah salah satu dari tujuh penghargaan yang diberikan tahun ini untuk mengapresiasi sukarelawan yang telah memberikan dampak luar biasa pada gerakan kami. Penghargaan diumumkan pada perayaan Wikimania daring oleh pendiri Wikipedia Jimmy Wales.

Sebagai Pendatang Baru Terbaik, Carma memberikan teladan akan semangat keingintahuan dan berkomunitas yang menjadi ciri bagi banyak dari kita dalam gerakan ini. Karyanya telah meningkatkan visibilitas ke Wikisource bahasa Bali dan menopang salah satu proyek Wikimedia dalam bahasa daerah. Saya memuji semangat dan upayanya bagi pengetahuan bebas dalam komunitasnya, dan saya tidak sabar menantikan apa yang akan ia lakukan selanjutnya!

Jimmy Wales

Kami berbincang dengan Carma untuk mencari tahu pengalaman dan pandangannya tentang gerakan Wikimedia. Berikut ini percakapan kami dengan Carma.

T: Seperti apa proses penerjemahan dan digitalisasi lontar kuno?

J: Untuk mendigitalisasi naskah, saya biasanya menyiapkan beberapa hal. Pertama, saya menyiapkan alat untuk digitalisasi, seperti kamera, selembar kain untuk alas memotret, dan lampu untuk penerangan. Kedua, saya memastikan bahwa naskah tersebut siap untuk didigitalisasi, memastikan aksara Bali bisa terbaca dengan jelas. Ketiga, saya membuat metadata untuk manuskrip. Hal ini untuk mengidentifikasi gambar dan informasi yang ada di naskah. Tantangannya adalah mengenali tulisan tangan yang diukir pada naskah, dan mengidentifikasi gaya penulis lontar. Hal ini memang menantang sekaligus mengasyikkan.

T: Apa yang penting dari proyek ini bagi komunitas Anda dan masyarakat?

J: Banyak pemilik naskah di Bali tidak memiliki katalog untuk koleksi naskah mereka. Saya membantu masyarakat Bali dalam melestarikan data naskah mereka pada platform digital dan saya memiliki kesempatan untuk belajar dan membuat metadata naskah, untuk mengetik ulang dan menguji baca naskah. Manfaatnya ditujukan bagi masyarakat Bali pada umumnya. Sementara itu, peneliti dapat mengakses data yang dikumpulkan ke dalam satu platform digital. Di masa depan, Wikipedia dapat menjadi sumber penting untuk menyimpan dan memahami naskah.

T: Apakah ada kutipan atau karya sastra favorit yang ditemukan selama kegiatan?

J: Ada satu kutipan yang bergema di hati saya dan semoga saya bisa memanfaatkan waktu sebelum menua seperti alang-alang dalam kutipan itu.

“patūte dumadi janma, sanune cerik gulitik, malajaḥ mangulik śāstra, anake lingsir̀ tunasin, sakañcan tuture luwiḥ, kottamane dadi hidup, mānuṣane kadi lalang, tajĕp yan sanune cerik, dadi puntul, tūr̀ bingung yan suba tua (Geguritan Lokika).”

Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

“Misalkan sebagai manusia, seorang yang rajin sejak muda, mendalami sastra, meminta kepada yang lebih tua, segala ilmu yang mulia, yang paling berharga dalam hidup, manusia itu seperti alang-alang, tajam ketika muda, menjadi tumpul dan bingung ketika tua (Geguritan Lokika).”

Saya percaya bahwa kontribusi kecil lebih berharga daripada berhenti dan menyerah.

T: Gerakan Wikimedia berusaha untuk melibatkan lebih banyak sukarelawan perempuan dan menutup kesenjangan gender dalam proyek-proyeknya. Pelajaran apa yang dapat diambil dari Komunitas Wikimedia Denpasar, yang memiliki lebih banyak sukarelawan perempuan daripada laki-laki?

J: Saya merasa senang bahwa tidak hanya laki-laki yang ingin berkontribusi, tetapi juga perempuan. Ini adalah keuntungan kami di komunitas. Menurut saya, Wikimedia Denpasar adalah tempat yang baik bagi perempuan untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara bebas.

T: Saran apa yang akan Anda berikan kepada sukarelawan lain yang mengerjakan proyek Wikimedia bahasa daerah?

J: Untuk semua orang yang masih bergerak dan bekerja dalam bahasa daerah di proyek Wikimedia, tetap semangat. Mungkin, seperti yang saya lakukan, kalian akan menghadapi banyak tantangan untuk proyek kalian. Jangan ragu dan teruslah melangkah. Tidak masalah jika kalian maju perlahan, tetapi lakukan yang terbaik untuk setiap kesempatan. Saya percaya bahwa kontribusi kecil lebih berharga daripada berhenti dan menyerah.

T: Apa hal paling mengejutkan atau menarik yang Anda alami selama berkontribusi di Wikimedia?

J: Sebenarnya semua yang saya lakukan di Wikimedia adalah pengalaman baru. Mulai dari menulis artikel di Wikipedia, mengetik ulang naskah di Wikisource, hingga membuat Wiktionary bahasa Bali, dan berkolaborasi dengan komunitas lain, semuanya membuat saya terpesona. Bagian paling menarik dari kontribusi di Wikimedia adalah bertemu dengan beragam orang yang memberikan kontribusi besar pada bahasa lokal saya. Wikimedia adalah tempat yang baik, tidak hanya untuk pengetahuan bebas, tetapi juga untuk bertemu orang-orang yang bersemangat tentang bahasa. Bagi saya, Wikimedia adalah rumah untuk berbagi dan saling melengkapi satu sama lain.

Selamat, Carma! 

Ihwal Penghargaan Sukarelawan Wikimedia 2021

Penghargaan Sukarelawan Wikimedia adalah penghargaan tahunan yang mengapresiasi kontribusi sukarelawan pada proyek-proyek Wikimedia, termasuk penyunting Wikipedia, untuk menyoroti pencapaian besar dalam gerakan Wikimedia pada tahun sebelumnya. Tradisi ini dimulai pada 2011 dan telah berkembang sejak saat itu untuk menyambut dan merayakan sukarelawan dari berbagai latar belakang dan pengalaman. Perayaan tahun ini lebih besar dan lebih inklusif dari sebelumnya dengan memberikan penghargaan kepada tujuh sukarelawan luar biasa bagi gerakan Wikimedia dalam enam kategori, termasuk Pendatang Baru Terbaik (Newcomer of the Year), Sukarelawan Kehormatan 20 Tahun (20th Year Honouree), Sukarelawan Kaya Media (Rich Media), Inovator Teknologi (Tech Innovator), Sukarelawan Kehormatan Ternama (Honorable Mentions), begitu juga Sukarelawan Wikimedia Terbaik (Wikimedian of The Year).

*Wawancara ini telah disunting agar lebih jelas.