Wikimedia Indonesia membawa WikiNusantara 2022 ke Padang 

Siaran pers — untuk disebarluaskan 

Kota Padang, 4 Juni 2022 

Wikimedia Indonesia kembali menyelenggarakan konferensi WikiNusantara untuk para sukarelawan proyek-proyek Wikimedia. WikiNusantara 2022 digelar di Kota Padang, Sumatra Barat, pada 4–5 Juni 2022. 

Konferensi WikiNusantara 2022 dipersembahkan khusus bagi para sukarelawan Wikimedia di Indonesia. Dengan mengusung tema “Membangkitkan Kembali Semangat Kolaborasi Gerakan Terbuka”, kami mengajak seluruh sukarelawan untuk membangun semangat kolaborasi dalam membebaskan pengetahuan. 

Dalam perhelatan ini, lebih dari 70 peserta dari berbagai proyek Wikimedia, seperti Wikipedia bahasa Indonesia, Wikipedia bahasa Jawa, Wikipedia bahasa Sunda, Wikipedia bahasa Minangkabau, Wikipedia bahasa Bali, Wikipedia bahasa Banjar, Wikipedia bahasa Gorontalo, Wikipedia bahasa Madura, Wikipedia bahasa Aceh, Wikidata, Wikisource, Wiktionary, dan Wikimedia Commons bertemu.  

Mereka saling berbagi pengalaman dalam mengerjakan proyek-proyek Wikimedia selama dua tahun terakhir. Ada yang berbagi mengenai kegiatan merekam dialek Minangkabau (WikiDialek) dan lema bahasa Jawa (WikiSwara), upaya melestarikan naskah lontar berbahasa Bali (WikiLontar), upaya mengenalkan Wikipedia kepada pustakawan (1Lib1Ref), pengambilan gambar dengan lisensi terbuka di wilayah Kalimantan Utara (WikiKaltara), dan perekaman alat musik tradisional Sunda (WikiWaditra). 

Selain itu, Wikimedia Indonesia juga memberikan informasi mengenai rencana kegiatan mendatang, seperti kompetisi audio, kompetisi menulis fiksi dan nofiksi, serta pengembangan fitur untuk membuat konten visual (Wikistories). 

Ketua Umum Wikimedia Indonesia Rachmat Wahidi mengungkapkan bahwa WikiNusantara 2022 di Padang merupakan konferensi lanjutan dari WikiNusantara 2019 di Yogyakarta. WikiNusantara 2022 merupakan “konferensi yang telah dinanti-nantikan oleh komunitas Wikimedia di Indonesia. Kami sangat senang mengabulkan keinginan mereka pada tahun ini setelah menanti tiga tahun lamanya.” Ia berharap, dengan pertemuan nasional ini, Wikimedia Indonesia, sukarelawan, dan kontributor proyek-proyek Wikimedia di Indonesia dapat membangkitkan lagi semangat kerja sama, baik dengan sesamanya, maupun antarkomunitas. 

*** SELESAI *** 

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi Hillun Vilayl Napis, Manajer Hubungan Masyarakat dan Komunitas Wikimedia Indonesia, melalui hillun.napis@wikimedia.or.id atau melalui 0812-9059-4470.