Magang Hibrida Pendidikan Wikimedia Indonesia

Pada awal 2022, tim Pendidikan Wikimedia Indonesia membuka kesempatan magang secara daring dan luring (hibrida) bagi mahasiswa maupun lulusan baru yang ingin terlibat secara aktif dalam penyelenggaraan program pendidikan di Wikimedia Indonesia. Kegiatan magang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan memperkaya pengalaman dalam proyek-proyek Wikimedia. Melalui kegiatan ini kami berharap pemagang bisa menjadi sukarelawan aktif dalam jangka waktu yang panjang. 

Kegiatan magang berlangsung selama 3 bulan, yaitu pada 21 Februari–3 Juni 2022 di ruang komunitas Wikimedia Indonesia di Jakarta dan Yogyakarta. Dua pemagang yang terpilih adalah Haekal Rheza Afandi, mahasiswa S2 Ilmu Susastra Universitas Indonesia dan Rahmasari Putri Azzahra, mahasiswa S1 Sastra Inggris Universitas Ahmad Dahlan. Walaupun Haekal dan Rahma sedang menempuh studi masing-masing, mereka tetap dapat mengalokasikan waktu untuk magang dengan baik karena kegiatan magang dilakukan secara hibrida. Pemagang dapat mengatur pembagian waktu antara magang dan aktivitas lain secara fleksibel dan mandiri.

Menurut saya, selama magang di Pendidikan Wikimedia Indonesia, waktu yang saya gunakan benar-benar sefleksibel itu! Bahkan ada masa di mana saya izin untuk fokus dulu pada kuliah saya. Jam kerja yang pendek (4 jam) dan bisa saya tentukan sendiri juga mempermudah saya dalam mengatur waktu antara magang dan kuliah.

Haekal Rheza Afandi – Pemagang Pendidikan

Sepanjang periode magang, pemagang dilibatkan secara aktif dalam penyelenggaraan program pendidikan, termasuk menjadi pelatih WikiLatih Daring. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk merayakan Hari Perempuan Internasional, yaitu Bulan Wiki Perempuan, menjadi salah satu kegiatan pembuka yang diadakan bersama pemagang.

Pemagang juga dilibatkan untuk mengoordinasi uji-baca proyek modul pendidikan (WikiPanduan). Mereka juga ditugaskan untuk meningkatkan konten pendidikan melalui Instagram tim pendidikan. Konten tersebut berupa konten edukatif mengenai proyek-proyek Wikimedia terutama Wikipedia, mikroblog tentang artikel-artikel di Wikipedia, dan sosialisasi program pendidikan. Pada beberapa kesempatan, Haekal dan Rahma juga mengoordinasi kegiatan siaran langsung di Instagram bersama pemagang GLAM dan pemagang Teknologi.

Live di Instagram adalah hal baru untuk saya. Jujur, ini juga menjadi salah satu kegiatan favorit saya selama magang! Bisa berbicara di depan layar dan ditonton banyak orang merupakan hal baru yang langsung saya sukai berkat tim pendidikan. Seru banget! Lewat live ini, saya bisa membagikan cerita serta pengalaman selama magang, juga mengedukasi dan menginformasikan kepada banyak orang tentang Wikimedia dan program magang itu sendiri.

Rahmasari Putri Azzahra – Pemagang Pendidikan

Haekal dan Rahma telah membagikan pengalaman magang mereka lewat tulisan blog yang dapat Anda baca di sini dan di sini. Tim Pendidikan berharap program magang periode berikutnya dapat dibuka dalam waktu dekat dan dapat diselenggarakan secara luring di ruang komunitas Wikimedia Indonesia. Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan diri dalam program magang periode berikutnya, Anda dapat memantau media sosial Wikimedia Indonesia.