Retensi Komunitas di Indonesia: Pembelajaran Kami selama Tiga Tahun

ini adalah gambar

Wikimedia Indonesia (WMID) menaungi sejumlah komunitas lokal yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Komunitas ini merupakan komunitas Wikimedia yang berperan penting dalam kemajuan proyek Wikimedia di Indonesia. Mereka terdiri atas puluhan individu yang berasal dari latar belakang, status, dan tingkat ekonomi yang beragam. Terdapat 14 komunitas Wikimedia lokal yang saat ini didukung oleh WMID: empat komunitas berbasis bahasa, delapan komunitas berbasis lokasi geografis, dan dua komunitas berbasis proyek.

Dalam perkembangannya, anggota komunitas tersebut datang dari berbagai cara. Beberapa dari mereka bergabung menjadi anggota komunitas tertentu setelah mengikuti kompetisi yang kami selenggarakan. Sejumlah individu yang lain mengikuti pelatihan Wikipedia dan bergabung menjadi anggota komunitas setelahnya. Ada beberapa anggota komunitas baru yang ikut bergabung setelah mengenal dan menghadiri acara dan pertemuan yang dilaksanakan oleh komunitas itu sendiri, bahkan ada yang bergabung karena tertarik oleh konten-konten komunitas di media sosial.

Membangun dan mempertahankan anggota komunitas menjadi sebuah tantangan bagi kami. Tidak semua dari mereka merasa bahwa komunitas tersebut dapat mendukung aktivitasnya dalam proyek Wikimedia. Sebagian dari mereka yang lain sudah cukup dengan menjadi anggota yang pasif—tidak terlalu aktif untuk ikut serta dalam acara atau kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitasnya. 

Hal tersebut membuat kami harus memahami keinginan dan kebutuhan dari seluruh komunitas yang ada. Kami telah melakukan lima upaya untuk membuat komunitas Wikimedia lokal di Indonesia terus mandiri. Silakan membaca upaya kami lebih lanjut di bawah ini.

Dana hibah bagi anggota komunitas

Salah satu usaha kami untuk membuat komunitas dan anggotanya lebih terampil dan kreatif adalah dengan mengajak mereka membuat kegiatan. Bagi sebagian individu, kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan dapat memancing inisiatif dan keinginan mereka untuk berkembang. WMID mendukung dari sisi yang lain: memberikan dana hibah untuk kegiatan tersebut.

Inisiatif dana hibah bagi anggota komunitas dimulai sejak 2018 saat proposal kami mendapat dukungan dari Wikimedia Foundation (WMF). Pada saat itu, hibah dibuka untuk komunitas Wikimedia lokal yang kecil sehingga kami belum memiliki ekspektasi bahwa banyak anggota komunitas yang akan mengirimkan proposalnya kepada WMID. Selama 2018–2019, kami menerima 22 proposal hibah dan 11 di antaranya didukung oleh WMID. Kegiatan yang didukung oleh dana hibah tersebut membantu pertumbuhan konten di Wikimedia Commons (WikiSelam, WikiDendang, WikiKaltara, dan WikiNyamleng), Wikimedia Incubator (WikiCamp Minangkabau and Wikipedia Bahasa Using), Wikipedia bahasa Jawa (dictionary support for Javanese Wikipedia training, dan Wiki21), Wikipedia bahasa Minangkabau (WikiBagurau), Wikipedia bahasa Sunda (Wiki Sunda Saba Sakola jeung Alam), dan Wikipedia bahasa Gorontalo (dictionary purchase for Gorontalo Wikipedia training).

Karosel Hibah WMID oleh Gunarta (WMID) dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.

Dukungan hibah ini kami lanjutkan pada tahun 2019 dengan melihat tren ketertarikan dari komunitas. Sepanjang 2019–2020, terdapat 16 proposal hibah dan kami mendanai 12 kegiatan yang dilakukan oleh anggota komunitas. Delapan di antaranya adalah sebagai berikut. Komunitas Wikimedia di Padang mendapat dukungan untuk melakukan WikiSurau (mendokumentasikan surau dan masjid di 10 lokasi di Sumatera Barat) dan WikiSalero (mendokumentasikan foto-foto makanan dari daerah Sumatera Barat). Inisiatif baru yang kami temukan dalam periode tersebut adalah WikiDialek—bekerja sama dengan WikiTongues—untuk merekam dialek bahasa Minangkabau dalam bentuk video, dan pembuatan video animasi 3,5 menit untuk memperkenalkan Wikipedia bahasa Minangkabau. Sukarelawan di Kalimantan Barat mengadakan kegiatan fotografi bagunan istana di Kalimantan Barat. Komunitas Wikimedia di Bandung dengan keunikannya mengadakan kegiatan dokumentasi musik Sunda dan mengunggahnya di Wikimedia Commons. Komunitas Wikimedia di Yogyakarta berinisiatif mengadakan dokumentasi foto gerak tari Jawa. Komunitas Wikimedia di Denpasar mengadakan kegiatan dokumentasi foto-foto makanan dari Bali—inisiatif yang sama dengan WikiSalero. Sayangnya, karena pandemi Covid-19, satu kegiatan dari sukarelawan di Kalimantan Timur bertajuk WikiBerau terpaksa dibatalkan.

Pada tahun 2020—saat pandemi Covid-19 berlangsung, mekanisme penyaluran dana hibah kepada anggota komunitas berubah dengan mempertimbangkan jenis dan durasi kegiatan yang terbatas. Kami meluncurkan hibah yang membebaskan siapa saja untuk mengerjakan beberapa proyek Wikimedia secara daring. Hibah ini menarik minat anggota komunitas, yang ditandai dengan diterimanya 27 proposal hibah untuk pendanaan kegiatan daring. Dari 27 proposal tersebut, dua di antaranya berkontribusi di Wikidata, tiga di Wikimedia Commons, dua di Wikimedia Incubator, 14 di Wikipedia, satu di Wikiquote, satu di Multilingual Wikisource, dan empat kegiatan di Wiktionary.

Komunitas Wikimedia Yogyakarta telah menyelenggarakan banyak kegiatan dan mengenalkan komunitas ke publik melalui program penjenamaan komunitas: kuis dan Candra Naralila (sukarelawan terbaik bulan ini). Selain itu, rapat daring yang diadakan oleh komunitas pada 2020 berjalan lancar dan dihadiri oleh salah satu penutur bahasa Jawa di Malaysia.

Agatha V.N. – Kontributor Wikipedia bahasa Jawa
Laporan program beasiswa daring oleh Gunarta (WMID) dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.

Acara keakraban

Komunitas yang solid dan anggotanya saling mendukung satu sama lain merupakan hal yang penting untuk memastikan kita dapat mencapai tujuan bersama. Dengan adanya rasa nyaman dan merasa menjadi bagian komunitas, para anggotanya menjadi lebih mudah untuk memberikan ide dan pandangannya, memiliki dorongan untuk membantu individu yang lain, dan bekerja sama dengan komunitas yang berbeda. Semua ini merupakan hal yang penting bagi kemajuan komunitas dan proyek Wikimedia di mana pun. 

WMID mencoba memahami hal tersebut dan meluncurkan dukungan bagi komunitas untuk melaksanakan malam keakraban. Dimulai pada tahun 2019, malam keakraban ini berhasil dilakukan oleh Komunitas Wikimedia di Bandung dan Yogyakarta. Komunitas Wikimedia di Denpasar terpaksa membatalkan malam keakrabannya karena pandemi berlangsung.

Dalam acara keakraban tersebut, Komunitas Wikimedia di Bandung membahas secara spesifik tentang Wiki Masuk Sekolah (WMS), pelatihan Wikipedia dan lisensi Creative Commons, dan rencana pelaksanaan hibah. Sementara itu, Komunitas Wikimedia di Yogyakarta membahas mengenai kegiatan GLAM, WMS, dan pelatihan Wikipedia.

Pertemuan bulanan anggota komunitas

Komunitas yang kuat dan mapan memerlukan komunikasi yang berkesinambungan antaranggotanya. Kami mengamati bahwa budaya masyarakat Indonesia menyukai pertemuan informal untuk mendiskusikan berbagai hal, alih-alih mengatur pertemuan yang bersifat formal dan kaku, yang kurang terasa nyaman bagi sebagian orang untuk mengeluarkan ide dan pendapatnya.

Sejak 2018, WMID memberikan dukungan berupa dana konsumsi dan paket internet bagi komunitas yang melaksanakan rapat bulanan komunitas. Dana yang diberikan tersebut cukup membantu mereka yang sebagian besarnya adalah mahasiswa. Dengan melaksanakan pertemuan rutin tersebut, mereka dapat menghasilkan rencana kegiatan untuk dilaksanakan dalam jangka pendek (2–3 minggu) dan bertukar pikiran dengan sesama anggota komunitas mengenai masalah-masalah yang ada.

Konferensi nasional untuk komunitas

Seiring dengan bertambahnya jumlah komunitas dan anggotanya, kami berinisiatif untuk menyelenggarakan sebuah konferensi nasional—dengan nama WikiNusantara—untuk mengumpulkan sejumlah sukarelawan pilihan dari berbagai kota dan komunitas. Ajang tersebut disediakan untuk bertukar pengalaman dan belajar dengan sesama sukarelawan. 

WikiNusantara 2019 merupakan konferensi nasional pertama yang kami selenggarakan di Kota Yogyakarta. Acara tersebut diikuti oleh lebih dari 80 peserta dari 11 provinsi di Indonesia; 22 di antaranya merupakan peserta perempuan. Kami bahkan mengundang dua orang dari Kumpulan Komuniti Pengguna Wikimedia Malaysia—Ahmad Wafiq Aqil dan Mohd Taufiq—untuk menjadi pemateri dan berbagi pengalaman kepada para peserta.

Menerusi persidangan ini, saya telah berkenalan dengan ramai sukarelawan Wikimedia Indonesia sama ada yang sebaya mahupun yang lebih berumur. Menerusi persidangan ini, saya mengambil kesempatan untuk mendengar pengalaman daripada mereka sepanjang mereka menyumbang di Projek Wikimedia. Sesungguhnya, lebih 10 orang sukarelawan Indonesia yang telah menjadi rakan kolaborasi saya dan kami masih lagi berhubung sehingga ke hari ini. — Ahmad W.A., perwakilan dari Kumpulan Komuniti Pengguna Wikimedia Malaysia

Menerusi persidangan ini, saya telah berkenalan dengan ramai sukarelawan Wikimedia Indonesia sama ada yang sebaya mahupun yang lebih berumur. Menerusi persidangan ini, saya mengambil kesempatan untuk mendengar pengalaman daripada mereka sepanjang mereka menyumbang di Projek Wikimedia. Sesungguhnya, lebih 10 orang sukarelawan Indonesia yang telah menjadi rakan kolaborasi saya dan kami masih lagi berhubung sehingga ke hari ini.

— Ahmad W.A. – Perwakilan dari Kumpulan Komuniti Pengguna Wikimedia Malaysia

Pada tahun ini, konferensi tersebut diadakan kembali dengan protokol kesehatan yang ketat di Kota Padang, Sumatera Barat, setelah kami menundanya selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

Penghargaan sukarelawan terbaik

Sebagai ucapan terima kasih kepada sukarelawan yang telah mendedikasikan waktu dan tenaganya dalam mengembangkan proyek Wikimedia, kami menganugerahkan penghargaan kepada mereka yang aktif terlibat dalam menyediakan konten terbaik, media terbaik, dan data terbaik dalam proyek-proyek Wikimedia. Selain itu, kami menganugerahkan penghargaan senior terbaik dan sukarelawan terbaik untuk mereka yang telah memberikan hal terbaiknya kepada komunitas dan proyek Wikimedia.

Pada 2022 ini, komunitas-komunitas di Indonesia memilih sukarelawan-sukarelawan terbaik untuk periode 2021. Adhmi Fauzan menerima Penghargaan Konten Terbaik atas inisiatifnya memperbaiki kualitas artikel di Wikipedia bahasa Minangkabau. Ni Kadek Ayu Sulastri dianugerahkan untuk mendapat Penghargaan Media Terbaik atas kontribusinya dalam menguji-baca naskah di Wikisource bahasa Indonesia. Muhammad Faisal Ansari mendapat Penghargaan Data Terbaik atas kontribusinya di Wikidata. 

Bennylin didapuk sebagai penerima Penghargaan Senior Terbaik atas dedikasi dan waktu yang telah diberikan sejak 2004 hingga saat ini. Ia pernah menjabat sebagai Steward satu-satunya dari Indonesia, dan menjadi pengurus di sejumlah proyek Wikimedia. Kartika Sari merupakan penerima Penghargaan Sukarelawan Terbaik 2021 versi WMID karena telah memberikan kontribusi dalam banyak proyek Wikimedia, seperti Wikidata, Wikimedia Commons, dan Wikipedia. Dia juga turut terlibat sebagai narahubung Komunitas Wikimedia di Padang dan membantu WMID menyelenggarakan berbagai acara daring dan tatap muka.

Nominasi sukarelawan ini dibuka sejak 2021 oleh WMID dan setiap komunitas Wikimedia di Indonesia dapat memberikan nama kandidat penerima penghargaan tersebut serta memilih kategori penghargaan yang sesuai dengan calon yang diusungnya. Pada tahun ini, kami terus membenahi diri dari sisi internal organisasi dan kapasitas staf WMID untuk terus memberikan dukungan dan dampak yang baik dan terukur untuk komunitas Wikimedia dan masyarakat umum. Kami akan terus menginformasikan tentang keluaran dari kegiatan dan acara yang kami lakukan. Silakan ditunggu, ya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang upaya di atas, silakan hubungi kami di komunitas@wikimedia.or.id


Gambar utama oleh Gunarta (WMID) dilisensikan dengan CC BY-SA 4.0.