Berkontribusi untuk Bahasa Nias: Sebuah Perenungan

Kegiatan menyunting di Wikipedia maupun di proyek Wikimedia lainnya adalah kegiatan rutin kontributor sepanjang ada materi dan kuota internet. Bagi komunitas bahasa Nias yang baru berkembang, langkah awal adalah melakukan kegiatan dokumentasi dengan memasukkan kosakata di Wiktionary Nias dan membuat artikel di Wikipedia Nias. Langkah selanjutnya adalah membuat standardisasi penulisan kosakata serapan dan penciptaan kosakata baru. Langkah terakhir adalah promosi. Hal ini tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat, apalagi dengan jumlah kontributor yang sedikit. 

 

Bagi saya, yang terhitung baru dalam komunitas bahasa Nias, sangat sulit mengajak teman-teman penutur bahasa yang sama untuk menyunting di proyek-proyek Wikimedia. Penutur bahasa Nias sudah semakin berkurang, baik yang ada di Kepulauan Nias maupun wilayah lainnya. Sebagai penutur bahasa Nias yang ada di perantauan, saya merasa miris ketika menyapa sesama orang Nias dalam bahasa Nias, tetapi mereka menjawab dalam bahasa Indonesia. Hingga saat ini, saya belum menemukan alasan yang membuat orang enggan menggunakan bahasa ibunya. Bahkan di acara-acara resmi seperti acara adat, sebagian besar orang menggunakan bahasa Indonesia. 

 

Wikimedia Indonesia beberapa kali mengadakan WikiLatih bagi komunitas bahasa Nias. Peserta terlihat ramai pada pertemuan pertama. Sayangnya, peserta kemudian hilang satu per satu pada pertemuan selanjutnya. Bahkan, dalam salah satu WikiLatih tersebut, peserta yang bertahan hingga akhir hanya saya sendiri. Kami pun melakukan evaluasi. Apakah masalah tersebut dipengaruhi oleh waktu pelaksanaan acara sehingga perlu menyesuaikan dengan waktu yang pas bagi peserta? Sayangnya, setelah penyesuaian waktu diterapkan pada WikiLatih selanjutnya, jumlah peserta tetap berkurang.

 

Kesempatan baik dari proyek Wikipedia dan Wiktionary Nias yaitu memberi ruang kepada penutur bahasa Nias untuk bergabung. Saya berharap kepada sesama penutur bahasa Nias di belahan dunia manapun untuk terus bergandengan tangan dalam mengembangkan bahasa Nias. Marilah kita cintai bahasa ibu ini. Sisihkan waktu dan tenaga untuk menyukseskan Wikipedia dan Wiktionary bahasa Nias agar sejajar dengan bahasa-bahasa lain di dunia. 

 

Keterangan foto: Halaman muka Wikipedia bahasa Nias


Oleh: Yasanto Lase, kontributor Wikipedia dan Wiktionary bahasa Nias

Sebelumnya

Wiki Masyarakat Adat: Menyusun Data Peraturan Tentang Masyarakat Hukum Adat dalam Proyek Wikimedia

Berdasarkan sensus Badan Pusat Statistika pada tahun 2010, Indonesia memiliki 1.340 suku bangsa....

Berikutnya

Bergotong Royong di Bulan Asia Wikipedia

Dalam rangka mewujudkan misinya untuk menjadi himpunan beragam ilmu pengetahuan (sum of all...